Jelaskan perbedaan pernapasan dada dan perut

Jelaskan perbedaan pernapasan dada dan perut

Pernapasan sangat penting bagi kehidupan dan dikendalikan oleh sistem saraf otonom kita yang berarti bahwa itu adalah sesuatu yang terjadi begitu saja, tanpa kita harus memikirkannya. Ada banyak orang yang saya lihat yang tidak bernapas dengan benar dan akibatnya mereka dapat terkena dampak negatif dalam beberapa cara. Pernapasan bisa dari salah satu dari dua area di paru-paru. Mereka adalah:

  • Pernapasan dada
  • Pernapasan Perut

Untuk menentukan jenis nafas Anda dapat ditentukan dengan tes diri yang sangat sederhana. Untuk melakukan tes, berbaring telentang dan letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut Anda dan amati untuk melihat tangan mana yang naik turun ketika Anda bernapas. Jika itu perut Anda, maka Anda bernapas dengan benar dan Anda menggunakan diafragma. Jika tangan di dada Anda naik dan turun maka Anda bernapas dengan dada dan Anda tidak bernapas dengan benar.

Apa itu Pernapasan Dada

Pernapasan dada mengacu pada napas dari lobus atas paru-paru yang menggunakan otot-otot dada untuk mengembang paru-paru dengan menarik tulang rusuk. Dalam pernapasan dada, dada mengembang dan berkontraksi dengan masing-masing napas sementara daerah perut tidak. Pernapasan dada cenderung pendek dan cepat, hanya menggunakan sebagian kecil paru-paru dan mengirimkan oksigen dalam jumlah relatif sedikit ke aliran darah. Pernapasan dada sering dikaitkan dengan hiperventilasi dan sensasi perasaan kehabisan napas, saat Anda berusaha mengambil oksigen dengan cepat meskipun volume udara rendah dari setiap napas.

Apa itu Pernapasan Perut

Pernapasan perut, juga disebut pernapasan diafragma, mengacu pada napas yang menggunakan seluruh kapasitas paru-paru Anda. Diafragma dan otot perut menarik ke bawah pada rongga perut untuk sepenuhnya mengembang paru-paru. Dada mengembang sangat sedikit saat pernapasan perut, sementara daerah perut mengembang secara signifikan. Napas diambil saat pernapasan perut lambat dan dalam, membutuhkan waktu lebih lama untuk menarik dan menghembuskan napas dan memberikan oksigen dalam jumlah yang jauh lebih besar ke aliran darah. Jumlah asupan udara yang lebih besar juga memungkinkan Anda menghembuskan sejumlah besar karbon dioksida, menghilangkannya dari tubuh Anda dengan kecepatan yang lebih cepat.

Mengapa pernapasan dada tidak ideal?

Pernapasan dada adalah ketika hanya bagian atas paru-paru seseorang digunakan untuk bernafas dan dada mengembang dan berkontraksi dengan setiap napas, sedangkan daerah perut tidak. Akibatnya, hanya bagian atas paru-paru yang terisi udara dan bagian yang lebih rendah tidak, yang menghasilkan lebih sedikit udara yang masuk pada setiap napas.

Untuk mengimbangi penurunan volume udara yang diambil dengan setiap napas orang harus bernapas lebih sering, ini dikenal sebagai ventilasi hiper. Jumlah napas normal per menit adalah 12-18 dan jika Anda berada di kisaran atas atau mengambil lebih banyak napas, maka Anda berada di tepi ventilasi hiper atau sudah ada di sana. Napas ini dangkal dan pendek dan cepat, dan memberikan oksigen lebih sedikit ke aliran darah dengan masing-masing napas daripada jika volume udara yang dihirup dengan setiap napas lebih besar, yang adalah apa yang terjadi ketika seseorang bernafas melalui perut mereka dan menggunakan diafragma mereka.

Otot-otot yang digunakan untuk pernapasan dada disebut otot-otot pernafasan sekunder dan mereka dirancang untuk digunakan hanya selama aktivitas fisik yang meningkat. (Diafragma adalah otot utama pernapasan). Ketika otot-otot ini digunakan secara berlebihan itu mengakibatkan punggung bagian atas dan leher tegang dan sakit kepala tegang sering hadir.

Apa yang menyebabkan pernapasan dada?

Penyebab paling umum dari pernapasan dada adalah aktivitas fisik dan penyebab umum kedua adalah tekanan psikologis dan kecemasan. Hal positif tentang ini adalah belajar bernapas dengan benar dapat digunakan sebagai alat yang sangat ampuh untuk memerangi stres dan kecemasan.

Bisakah seseorang belajar dan melatih diri untuk bernapas dengan benar?

Jawabannya adalah Ya dan latihan pernapasan untuk memperbaiki pernapasan dapat dipelajari. Latihan pernapasan idealnya dilakukan di rumah sambil berbaring di sofa atau di tempat tidur. Letakkan satu tangan di perut Anda dan yang lain di dada Anda dan tarik napas dalam-dalam dan fokus untuk mengangkat perut Anda ketika Anda bernapas dan membiarkan perut Anda jatuh ketika Anda bernapas. Praktekkan ini dengan setiap nafas dan buatlah setiap nafas lebih dalam dan lebih dalam dan lebih lambat dan lebih lambat. Ini juga membantu jika Anda bernapas masuk dan keluar melalui hidung.

Ketika Anda tidak memiliki alasan untuk berbaring Anda dapat melakukan ini sambil berdiri. Semakin banyak Anda berlatih, semakin dalam napas perut Anda dan ini akan terjadi lebih alami tanpa dorongan sadar.

Kesadaran bernafas

Bagian besar dari belajar bernafas adalah memiliki kesadaran tentang bagaimana Anda bernafas sepanjang hari. Ini mengharuskan seseorang untuk memeriksa diri secara berkala sepanjang hari untuk melihat apakah perut atau dada digunakan untuk bernapas. Adalah umum bahwa ketika stres atau kecemasan meningkat, bahwa napas akan menjadi dangkal dan seseorang akan beralih ke pernapasan dada. Selama masa inilah merupakan ide yang baik untuk mengambil sedetik dan secara sadar berusaha mempertahankan napas dalam-dalam.

Kesimpulannya

Mengidentifikasi cara Anda bernafas adalah latihan yang bermanfaat dan jika Anda menemukan bahwa Anda bernapas dengan dada, penting bagi Anda untuk berlatih dan menggunakan diafragma untuk bernapas. Ini akan membantu mengurangi keketatan punggung dan leher bagian atas serta untuk mengelola stres. Jika Anda bernafas dengan dada dan memiliki punggung atas atau leher ketat.

Leave a Comment