Pengertian Asam gamma-aminobutirat (GABA)

Asam gamma-aminobutirat (GABA) bertindak sebagai pembawa bahan kimia penghambat utama tubuh. GABA berkontribusi pada penglihatan, kontrol motorik, dan berperan dalam pengaturan kecemasan. Benzodiazepin, yang digunakan untuk membantu mengobati kecemasan, berfungsi dengan meningkatkan efisiensi neurotransmiter GABA, yang dapat meningkatkan perasaan rileks dan tenang.

Apa itu GABA?

Gamma aminobutyric acid (GABA) adalah asam amino alami yang bekerja sebagai neurotransmiter di otak Anda. Neurotransmitter berfungsi sebagai pembawa pesan kimia. GABA dianggap sebagai penghambat neurotransmiter karena menghambat, atau memblokir, sinyal otak tertentu dan mengurangi aktivitas dalam sistem saraf Anda.

Ketika GABA menempel pada protein di otak Anda yang dikenal sebagai reseptor GABA, itu menghasilkan efek menenangkan. Ini dapat membantu dengan perasaan cemas, stres, dan ketakutan. Ini juga dapat membantu mencegah kejang.

Sebagai hasil dari sifat-sifat ini, GABA juga telah menjadi suplemen populer dalam beberapa tahun terakhir. Ini sebagian karena tidak tersedia dari banyak sumber makanan. Satu-satunya makanan yang mengandung GABA adalah makanan fermentasi, seperti kimchi, miso, dan tempe.

Tetapi seberapa baik suplemen ini bekerja? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang ilmu di balik potensi manfaat suplemen GABA.

Mengapa orang mengambil suplemen GABA?

Efek menenangkan alami GABA pada otak telah menyebabkan banyak klaim tentang penggunaan suplemen GABA untuk mengurangi stres. Terlalu banyak stres terkait dengan kurang tidur, sistem kekebalan yang lebih lemah, dan risiko depresi yang lebih tinggi. Inilah yang lebih dekat melihat efek stres pada tubuh Anda.

Selain itu, orang dengan kondisi medis tertentu mungkin memiliki kadar GABA yang lebih rendah. Beberapa kondisi ini meliputi:

  • gangguan kejang
  • kelainan gerakan, seperti penyakit Parkinson
  • Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktivitas
  • kegelisahan
  • gangguan panik
  • gangguan mood, seperti depresi

Beberapa orang dengan kondisi ini mengambil suplemen GABA untuk membantu mengelola gejala mereka. Meskipun ini masuk akal secara teori, belum ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa suplemen GABA dapat membantu dengan kondisi ini, selain dari kecemasan.

Seberapa efektifkah suplemen GABA?

Tidak banyak yang diketahui tentang efektivitas suplemen GABA. Bahkan, para ahli tidak tahu berapa banyak sebenarnya GABA mencapai otak ketika dikonsumsi sebagai suplemen atau makanan. Tetapi beberapa sumber menyarankan bahwa itu hanya jumlah kecil.

Berikut adalah beberapa penelitian di balik kegunaan GABA yang lebih populer.

Kegelisahan

Menurut sebuah artikel tahun 2006, dua penelitian yang sangat kecil menemukan bahwa peserta yang menggunakan suplemen GABA mengalami peningkatan perasaan rileks selama acara yang penuh tekanan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo atau L-theanine, suplemen populer lainnya. Artikel itu juga mencatat bahwa efek relaksasi dirasakan dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi suplemen.

Tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian kecil dan lama telah mengevaluasi penggunaan produk yang mengandung GABA untuk menurunkan tekanan darah.

Dalam satu studi dari tahun 2003, konsumsi harian produk susu fermentasi yang mengandung GABA mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah sedikit meningkat setelah dua hingga empat minggu. Ini dibandingkan dengan plasebo.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa mengambil suplemen Chlorella yang mengandung GABA dua kali sehari mengurangi tekanan darah pada mereka dengan hipertensi batas.

Insomnia

Dalam sebuah studi kecil tahun 2018, peserta yang mengonsumsi 300 miligram (mg) Sumber Tepercaya GABA satu jam sebelum tidur terasa lebih cepat tertidur daripada mereka yang menggunakan plasebo. Mereka juga melaporkan peningkatan kualitas tidur empat minggu setelah memulai perawatan.

Seperti banyak penelitian lain yang melihat efek suplemen GABA pada manusia, penelitian ini sangat kecil, dengan hanya 40 peserta.

Stres dan kelelahan

Sebuah studi 2011 di Jepang meneliti efek dari minuman yang mengandung 25 mg atau 50 mg GABA pada 30 peserta. Kedua minuman itu dikaitkan dengan berkurangnya kelelahan mental dan fisik saat melakukan tugas pemecahan masalah. Tetapi minuman yang mengandung 50 mg tampaknya sedikit lebih efektif.

Studi lain dari 2009 menemukan bahwa makan cokelat yang mengandung 28 mg GABA mengurangi stres pada peserta yang melakukan tugas pemecahan masalah. Dalam studi lain, mengambil kapsul yang mengandung 100 mg GABA mengurangi ukuran stres pada orang yang menyelesaikan tugas mental eksperimental.

Hasil dari semua studi ini terdengar menjanjikan. Tetapi sebagian besar studi ini sangat kecil dan banyak yang ketinggalan zaman. Diperlukan studi yang lebih besar dan jangka panjang untuk memahami manfaat suplemen GABA.

Tinggalkan Balasan