Tendon Kaki

Khawatir karena sakit kaki terus-menerus? Artikel berikut memberikan informasi tentang tendon kaki, cedera tendon, dan nyeri ligamen. Baca terus, untuk mengetahui penyebab cedera tendon kaki dan bagaimana beberapa pengobatan rumahan sederhana membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh cedera….

Serat jaringan ikat yang menghubungkan otot ke tulang disebut tendon. Peradangan atau pembengkakan tendon ini disebut ‘tendonitis’. Seperti tendon kaki, ligamen kaki, pita keras dari jaringan elastis yang menghubungkan tulang satu sama lain, bisa robek karena gerakan kaki yang tidak tepat. Nyeri sendi yang parah disertai pembengkakan, kemerahan dan iritasi merupakan gejala utama dari tendonitis kaki. Tendon dan ligamen bersama dengan tulang dan otot di kaki menopang kaki; yang pada gilirannya menopang seluruh tubuh.

Tendon di Kaki

Jika Anda memeriksa anatomi kaki, Anda akan menemukan bahwa struktur kaki sangat rumit. Ini terdiri dari 26 tulang, 33 sendi, dan lebih dari 100 otot, tendon, dan ligamen.

Tendon peroneal brevis, tendon otot tibialis anterior, tendon otot tibialis posterior, tendon peroneus longus, dan tendon otot fleksor hallucis longus dan fleksor digitorum longus adalah beberapa tendon di kaki yang rawan cedera. Tendon Achilles yang ada di sendi pergelangan kaki adalah tendon paling tebal dan terkuat di tubuh. Ini menghubungkan tumit ke otot-otot kaki bagian bawah. Tendon Achilles memungkinkan kita untuk berdiri, berjalan, berlari, dan melompat.

Tendon Kaki

Cedera pada tendon menimbulkan rasa sakit di bagian kaki tertentu. Rasa sakit dapat menyebar ke bagian lain dari kaki dan pergelangan kaki. Masalah kaki dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan yang menyebabkan terbatasnya pergerakan kaki, sehingga mobilitas menjadi terbatas. Saat kaki menopang berat tubuh Anda, tendon kaki rentan terhadap berbagai jenis tekanan saat berdiri, berjalan, berlari, dan melompat. Pernahkah Anda mengalami nyeri akibat keseleo pergelangan kaki? Tingkat keparahan nyeri pergelangan kaki atau nyeri kaki tergantung pada seberapa banyak ligamen diregangkan atau robek.

Penyebab Cedera Tendon Kaki

â—‰ Mengenakan sepatu yang tidak pas atau penggunaan sepatu hak tinggi secara terus-menerus dapat menyebabkan cedera tendon.

â—‰ Gerakan kaki yang tiba-tiba dan tidak tepat atau kram kaki yang parah dapat menyebabkan cedera tendon.

â—‰ Cedera tendon kaki akibat olahraga berulang atau aktivitas lain dan trauma cukup umum terjadi.

â—‰ Cacat struktural atau cedera pada bagian kaki, sendi pinggul, atau bahkan punggung mana pun dapat menyebabkan perkembangan masalah pada kaki.

â—‰ Penuaan atau ‘keausan’ secara alami menghasilkan tendon dan ligamen yang lemah, yang menyebabkan cedera.

â—‰ Penyakit dan gangguan seperti diabetes yang menyebabkan neuropati perifer dapat menjadi penyebab cedera tendon.

â—‰ Obesitas adalah salah satu penyebab utama cedera tendon di kaki. Kelebihan berat badan menciptakan tekanan berlebih pada kaki, membuat struktur lebih rentan terhadap cedera.

â—‰ Rheumatoid arthritis mempengaruhi struktur sendi. Oleh karena itu, orang tua atau lanjut usia yang menderita radang sendi dipengaruhi oleh cedera tendon kaki dan nyeri ligamen.

â—‰ Terlalu sering menggunakan tendon membuat mereka lebih rentan terhadap cedera. Tendonitis kaki dapat dialami bahkan oleh orang yang lebih muda jika terjadi cedera berulang pada tendon karena penggunaan yang berlebihan.

â—‰ Otot yang lemah dan ligamen yang longgar dapat menyebabkan tendonitis kaki. Diet sehat, kebiasaan makan yang baik dan olahraga teratur, pengobatan yang tepat untuk penyakit dan gangguan sangat penting untuk menghindari tendonitis kaki.

â—‰ Tendon yang terlalu teregang rentan terhadap robekan degeneratif karena tendon tersebut dapat menjadi tipis. Seseorang harus berhati-hati selama aktivitas fisik seperti berlari, mendaki gunung, bersepeda, dan aktivitas olahraga lainnya.

â—‰ Orang dengan kaki datar atau dengan lengkungan yang sangat tinggi lebih mungkin menderita cedera tendon kaki. Tendon tibialis posterior membantu menjaga lengkungan kaki Anda. Cedera pada tendon dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada kaki.

â—‰ Plantar fascia adalah struktur tipe ligamen panjang yang menopang lengkungan longitudinal kaki saat berjalan. Ini terdiri dari tiga pita, pita medial, tengah dan lateral. Plantar fasciitis dapat menyebabkan nyeri pada tumit saat Anda mengambil langkah pertama di pagi hari. Penyebab paling umum dari nyeri tumit adalah plantar fasciitis.

â—‰ Tokoh olahraga atau atlet yang melakukan start dan stop mendadak cenderung mengembangkan tendonitis achilles. Jika seseorang tidak terlatih dengan baik untuk aktivitas olahraga, dia mungkin menderita tendonitis achilles. Saat ini, tendonitis achilles cukup umum.

Obat

â—‰ Istirahat total sangat penting untuk pemulihan cepat dari ‘nyeri tendon dan ligamen’.

â—‰ Anda harus mencoba untuk menjaga berat badan dari kaki Anda yang terluka sampai peradangan hilang.

â—‰ Oleskan es ke daerah yang sakit empat atau lima kali sehari.

â—‰ Dokter mungkin meresepkan obat antiinflamasi seperti ibuprofen.

â—‰ Anda mungkin diminta untuk melakukan beberapa latihan untuk meregangkan tendon yang terkena. Latihan tendonitis Achilles memainkan peran penting dalam pemulihan yang cepat.

â—‰ Dalam kondisi parah, suntikan kortikosteroid mungkin diperlukan untuk menyembuhkan tendonitis.

â—‰ Gips berjalan atau belat malam (saat tidur) terkadang diperlukan untuk menangani situasi tersebut.

â—‰ Dalam kasus ekstrim, penyangga diperlukan untuk melumpuhkan tendon achilles yang cedera.

â—‰ Sangat sedikit kasus yang memerlukan pembedahan untuk melepaskan ligamen atau tendon yang terkena.

â—‰ Pembedahan adalah pilihan terakhir untuk memperbaiki tendon yang robek di kaki. Setelah operasi, kaki Anda dapat dipasangi penyangga yang dapat disesuaikan.

â—‰ Pijat dengan minyak wijen, minyak zaitun, minyak mustard dapat membantu meringankan nyeri tendon kaki dan dapat membantu meningkatkan gerakan kaki.

â—‰ Terapi fisik juga dianjurkan untuk perbaikan gerakan kaki yang cepat.

â—‰ Menggunakan sepatu atau sneaker yang tepat (dalam hal bantalan, tinggi lengkung dan pronasi) dapat menghindari cedera tendon dan nyeri ligamen. Sedikit bantalan ekstra atau bantalan di bawah tumit juga terbukti bermanfaat.

Artikel Ini ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis ahli. Dalam kasus cedera tendon kaki, perawatan medis segera membantu mencegah komplikasi lebih lanjut. Pemeriksaan yang cermat, MRI, X-ray, dll., membantu mendiagnosis masalah. Menghindari regangan berulang yang konstan pada tendon yang cedera mendorong pemulihan yang cepat. Latihan kaki harus selalu dilakukan di bawah bimbingan pelatih fisik. Latihan pemanasan sebelum latihan teratur membantu menghindari tendonitis. Tendon yang robek dapat dijahit atau diganti dengan pembedahan. Tendon dan ligamen kaki, jika terluka parah dapat menyebabkan imobilitas total. Jadi Anda harus berhati-hati saat melakukan aktivitas fisik, atau saat berpartisipasi dalam program latihan dan aktivitas olahraga.

Related Posts