Perbedaan Antara Paleo dan Whole30

Saat Anda menjelajahi berbagai jenis rencana makan, Anda mungkin bertanya-tanya tentang perbedaan antara Paleo dan Whole30. Mereka berdua mendorong makan makanan utuh dan menghilangkan makanan olahan. Dan, tentu saja, keduanya dirancang untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Mengetahui perbedaan antara kedua rencana akan membantu Anda membuat pilihan terbaik untuk mencapai tujuan Anda.

Apa itu Paleo?

Rencana makan Paleo berasal dari jenis makanan yang dimakan orang selama era Paleolitik. Lebih dari 10.000 tahun yang lalu, orang makan makanan yang diburu atau dikumpulkan. Itu akan mencakup daging, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ketika pertanian muncul, makanan baru diperkenalkan dan kebiasaan makan berubah dengan cepat. Paleo, juga dikenal sebagai diet manusia gua, berteori bahwa tubuh tidak dapat beradaptasi dengan makanan baru ini secepat mereka diperkenalkan. Dengan demikian, menghilangkan makanan yang berasal dari pertanian seperti susu atau biji-bijian.

Makanan yang Harus Dihindari di Paleo

Selain susu, biji-bijian dan kacang-kacangan, berikut adalah beberapa makanan lain yang harus Anda hindari jika Anda memilih rencana ini:

  • Garam
  • Gula halus
  • Makanan olahan tinggi

Apa itu Whole30?

Whole30 didasarkan pada prinsip-prinsip Paleo dan menekankan pedoman makan yang ketat selama periode awal 30 hari. Para pendiri Whole30 menjelaskan bahwa ini bukanlah program diet, detoks, atau berat badan; sebaliknya, itu harus dilihat sebagai “reset” tubuh jangka pendek. Ini dirancang untuk mengekang mengidam, meningkatkan metabolisme Anda dan meningkatkan penyembuhan di saluran pencernaan. Bahkan, rencana tersebut mengatakan bahwa banyak orang yang telah mencoba rencana tersebut telah melihat peningkatan substansial dengan masalah seperti divertikulitis, IBS, tekanan darah tinggi, migrain dan alergi. Whole30 juga dimaksudkan untuk membantu Anda mengubah hubungan Anda dengan makanan untuk praktik makan yang lebih sehat.

Makanan yang Harus Dihindari di Whole30

Beberapa menggambarkan Whole30 sebagai bentuk Paleo yang lebih ketat, tetapi sekali lagi, ini hanya paket 30 hari. Untuk mencapai tujuannya, beberapa makanan yang harus Anda hindari adalah:

  • produk susu
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan
  • Alkohol
  • Ditambahkan gula
  • MSG, karagenan dan sulfit
  • Makanan yang dipanggang atau junk food

Karena diberi label sebagai pengaturan ulang tubuh, penting untuk tetap berpegang pada rencana. Tidak boleh ada kecurangan. Itu semua atau tidak sama sekali. Setelah 30 hari selesai, sangat disarankan agar peserta secara perlahan memperkenalkan kembali kelompok makanan yang dihilangkan untuk melihat apakah mereka memiliki reaksi atau kepekaan.

Masalah Diet

Mengingat fakta bahwa diet ini menghilangkan kelompok makanan tertentu, ada kekhawatiran para peserta bisa kekurangan nutrisi penting jika mereka tidak berhati-hati. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengevaluasi dasar pola makanan era Paleolitik .

Sekarang setelah Anda memiliki informasi dasar untuk memahami perbedaan antara Whole30 dan Paleo, mana yang Anda pilih? Yah, itu tergantung pada tujuan Anda. Jika Anda mencari pendekatan jangka pendek untuk mengatur ulang tubuh Anda, Whole30 mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Di sisi lain, jika Anda mencari pendekatan jangka panjang untuk menurunkan berat badan, Paleo mungkin merupakan pilihan terbaik. Banyak orang memilih untuk memulai dengan Whole30 dan kemudian mempertahankan hasil positif mereka dalam jangka panjang dengan diet berbasis Paleo.