Overdosis Asam Pantotenat

Meskipun asam pantotenat atau vitamin B5 menawarkan beberapa manfaat kesehatan, konsumsi vitamin ini secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping. Artikel ini memberikan informasi mengenai hal yang sama.

Asam pantotenat atau vitamin B5 adalah antioksidan, vitamin yang larut dalam air. Ini memainkan peran penting dalam oksidasi (pemecahan) lemak, karbohidrat, dan protein (asam amino tertentu). Ini adalah salah satu jenis vitamin B yang penting, yang penting untuk mempertahankan kehidupan. Ini adalah komponen suplemen vitamin B kompleks.

Keuntungan sehat

Berikut adalah manfaat kesehatan dari asam pantotenat:

  • Ini digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan dan masalah jantung.
  • Ini membantu mencegah penuaan dini dan meningkatkan pertumbuhan fisik.
  • Ini membantu meringankan gejala diabetes, gangguan kulit, osteoarthritis, dll.
  • Membantu meringankan gejala asma dan alergi.
  • Ini bekerja sangat baik untuk rambut rontok. Ia juga menawarkan kulit halus dan bercahaya.
  • Vitamin B5 membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian menurunkan kemungkinan memiliki berbagai jenis infeksi.
  • Ini juga membantu meringankan gejala stres psikologis dan kecemasan. Ini memicu produksi steroid dan neurotransmiter di otak.
  • Ini membantu mencegah berbagai jenis penyakit dan gangguan, karena memiliki sifat antioksidan. Ini memastikan kesehatan yang baik dan diperlukan untuk berfungsinya setiap bagian tubuh. Ini membantu mengekstrak nutrisi penting seperti lemak, karbohidrat, dan protein dari makanan yang dicerna.

Kekurangan

Sindrom kaki terbakar adalah salah satu gejala defisiensi asam pantotenat yang signifikan. Kekurangan vitamin tersebut biasanya menunjukkan gejala seperti kurangnya sensasi dan rasa sakit yang hebat pada kaki. Peningkatan kelelahan, insomnia, dan anemia dapat dialami karena kekurangan vitamin B5. Kekurangan dapat menyebabkan muntah, kontraksi otot, dan perkembangan kulit yang tidak normal. Orang tua, wanita hamil, orang yang mengikuti pola makan yang salah, atlet dengan kebutuhan nutrisi yang meningkat, orang dengan penyakit kronis, dan orang yang menjalani kehidupan yang penuh tekanan dapat mengalami kekurangan vitamin B5.

Suplemen

Jamur, jagung, kacang tanah, brokoli, kubis, polong-polongan, salmon, sawi hijau, telur, daging sapi (terutama hati dan ginjal), ikan, bibit gandum, ragi bir, kacang-kacangan, susu, dan keju adalah beberapa sumber vitamin B5 yang umum. . Konsumsi makanan yang kaya akan asam ini tidak akan pernah meningkatkan kadarnya dalam tubuh secara berlebihan; Namun, mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks dalam bentuk apa pun (termasuk suntikan) akan meningkatkan kemungkinan overdosis.

Hal ini dapat menimbulkan berbagai efek samping dalam tubuh. Oleh karena itu, asupan vitamin B harian yang direkomendasikan harus dipertimbangkan saat mengambil suntikan, pil, tablet, atau bentuk suplemen lainnya. D kalsium pantotenat adalah bentuk vitamin B5 yang umum tersedia dalam suplemen.

Gejala overdosis

Overdosis umumnya tidak menyebabkan toksisitas; namun, asupan vitamin B5 yang sangat besar (10 gram atau lebih sehari) dapat menyebabkan retensi air, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Tidak ada tunjangan harian yang direkomendasikan secara resmi (RDA) asam pantotenat seperti itu. Orang dewasa mungkin membutuhkan 5 mg per hari, sedangkan wanita hamil dan wanita menyusui mungkin membutuhkan 6 – 7 mg vitamin ini per hari. Bayi mungkin membutuhkan 1,7 – 1,8 mg/hari, sedangkan anak-anak mungkin membutuhkan 2 – 4 mg/hari, tergantung pada usia. Umumnya, vitamin B5 sebanyak ini hadir dalam diet seimbang atau sehat apa pun.

Gejalanya dapat bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi. Mereka mungkin mengalami ruam kulit atau gatal-gatal, kesulitan bernapas, sesak di dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah, dll. Orang yang didiagnosis dengan hemofilia harus menghindari mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah besar. Jika terjadi pendarahan, mereka mungkin mengalami kehilangan banyak darah, karena mungkin perlu waktu lebih lama untuk menghentikannya.

Biasanya, penggunaan asam pantotenat dianggap aman untuk anak-anak, serta orang dewasa. Hal ini umumnya diambil dengan vitamin B lainnya. Konsumsi vitamin B5 sebenarnya dapat mengoreksi kekurangan vitamin lain seperti vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B12. Ini membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dalam beberapa cara. Meskipun gejala overdosis sangat jarang diperhatikan, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter untuk dosis vitamin esensial yang tepat agar lebih aman.

Penafian : Artikel Ini ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis ahli.