Masalah Kembung

Masalah perut kembung dapat terjadi karena berbagai alasan. Pada kondisi ini perut terlihat agak bengkak, yang terkadang disertai rasa sakit dan suara menggerutu yang disebabkan oleh gas di dalam perut. Mari kita lihat berbagai masalah perut kembung terkait dan pengobatan untuk perut kembung.

Ada banyak masalah yang menyebabkan perut kembung. Ini terjadi ketika ada pembengkakan perut karena adanya kelebihan gas di perut dan daerah sekitarnya. Berikut adalah beberapa masalah yang menyebabkan kondisi ini.

Penyebab

Seseorang merasa sesak dan penuh di daerah perut mereka ketika menderita kembung, yang memberikan perasaan tidak nyaman secara umum. Di bawah ini adalah beberapa penyebab perut kembung.

  • Makan berlebihan adalah penyebab paling umum
  • Sembelit
  • Makan makanan yang tidak dapat ditoleransi perut (seperti pada orang yang tidak toleran laktosa)
  • pembuangan lambung
  • Sindrom iritasi usus (IBS)
  • Makan makanan tertentu, terutama makanan yang menghasilkan gas
  • Kebiasaan gugup menelan makanan dengan cepat
  • Infestasi parasit usus seperti cacing
  • Sering kali wanita mengalami perut kembung saat hamil
  • Wanita juga mengalami sensasi ini sebelum menstruasi atau selama menstruasi

Perlakuan

Untuk solusi jangka panjang, seseorang perlu beralih ke kebiasaan yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Saat seseorang mengalami kembung, ada pengobatan rumahan yang bisa meredakannya.

Beralih ke Kebiasaan Makan Sehat

Sangat penting bagi Anda untuk mengubah kebiasaan Anda saat ini menjadi yang lebih sehat untuk mencegah dan mengendalikan kondisi ini. Ada orang yang alergi terhadap makanan tertentu, yang dapat menyebabkan kembung, jadi orang perlu memastikan bahwa mereka menjauhi produk makanan tersebut. Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan kembung, maka catat dalam buku harian tanggal dan waktu Anda mengalami perut kembung. Atau Anda dapat mengunduh aplikasi yang membantu Anda melacak makanan yang Anda intoleransi. Setelah beberapa waktu Anda akan dapat menilai sendiri, jenis makanan apa yang membuat Anda kembung, dan dengan demikian Anda dapat menghindari makanan tersebut.

Makanan yang umumnya perlu Anda hindari adalah makanan pedas, soda, kopi, makanan mentah, dan minuman yang sangat asam. Penting juga bagi Anda untuk mengunyah makanan secara perlahan dan benar untuk pencernaan yang baik, kebiasaan makan makanan ini akan membantu Anda mengatasi gas, sembelit, dan kembung. Tetap minum banyak air sepanjang hari, rata-rata sekitar 3 liter. Jika Anda mengalami kembung setelah makan, hindari porsi kedua dan berjalan-jalanlah selama 15 menit setelah makan. Untuk mencegah kembung, Anda juga dapat berpartisipasi dalam beberapa jenis latihan fisik setidaknya selama 45 menit dalam sehari.

Pengobatan Rumahan

Dengan mengubah kebiasaan Anda, kembung bisa sangat berkurang. Namun ada solusi yang memberikan bantuan cepat dan efektif. Makan makanan berserat seperti kecambah, karena akan membersihkan tubuh Anda dari dalam dan membebaskan Anda dari gas. Anda bisa minum teh hijau atau jus cranberry, karena membantu membuang cairan yang tidak perlu dari tubuh. Wanita yang mengalami kembung selama menstruasi dapat mengonsumsi suplemen PMS. Anda dapat menggunakan obat pencahar yang tersedia sebagai obat bebas untuk meredakannya.

Jika Anda telah menderita kembung untuk waktu yang lama, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter karena kondisi kesehatan tersebut dapat berkembang menjadi risiko kesehatan yang lebih besar di kemudian hari.

Penafian: Artikel Ini ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis ahli.