Efek Samping Vitamin D Rendah

Jika terjadi penurunan kadar vitamin D dalam tubuh seseorang, maka akan tercermin pada kesehatannya. Pada artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang efek samping vitamin D yang rendah.

Vitamin D termasuk dalam daftar vitamin paling esensial yang sangat penting untuk pertumbuhan holistik tubuh dan pikiran. Dengan bantuannya, tubuh mampu memperkuat tulang dan gigi, karena membantu penyerapan kalsium. Orang yang menderita kekurangan vitamin D disarankan untuk mengonsumsi suplemen kalsium dan diet kaya kalsium.

Efek Samping Kekurangan

Kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh terkait dengan beberapa efek samping, terutama diabetes, tekanan darah yang tidak menentu, kanker paru-paru, osteoporosis, radang sendi, dll. Paragraf berikut membahas berbagai efek samping dari kadar vitamin D yang rendah ini secara lebih rinci.

  • Tulang Lemah:
    Vitamin D secara langsung mempengaruhi kekuatan tulang, membuatnya lemah. Hal ini karena alasan memfasilitasi penyerapan dua mineral penting dalam tubuh, yaitu kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor, seperti yang kita ketahui, sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D selalu menyebabkan penyerapan kalsium dan fosfor yang buruk, dan karenanya, tulang menjadi lemah. Kadarnya yang rendah menyebabkan tulang rapuh, yang meningkatkan risiko patah tulang bahkan karena cedera ringan. Pada anak-anak, rakhitis adalah penyakit paling umum yang mempengaruhi kesehatan mereka karena kekurangan vitamin ini. Pada orang dewasa, penyakit kronis seperti osteoporosis, osteoarthritis, osteomalacia (pelunakan tulang), dan beberapa gangguan tulang lainnya juga dapat terlihat. Karena fakta ini, wanita dan pria di atas 40 tahun umumnya disarankan untuk menjaga asupan vitamin ini dengan hati-hati, karena kadarnya yang buruk dalam tubuh meningkatkan risiko penyakit yang disebutkan di atas.
  • Hipertensi:
    Penelitian telah membuktikan bahwa kadar vitamin D yang rendah membuat orang lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi. Namun, karena beberapa teori dan hasil, itu hanya hasil yang beragam. Namun demikian, jumlah yang rendah dapat menyebabkan perubahan tekanan darah. Oleh karena itu, orang yang kekurangan vitamin D harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan meminta nasihat tentang asupan nutrisi ini sehingga segala kemungkinan bahaya dapat dieliminasi.
  • Masalah Hormon
    Paratiroid: Kelenjar paratiroid, yang ada di leher, menghasilkan hormon paratiroid. Hormon ini digunakan untuk penyerapan kalsium dan fosfor. Tingkat vitamin D yang rendah dalam tubuh mempengaruhi hormon-hormon ini, mengakibatkan penurunan penyerapan kalsium dan fosfor. Hal ini pada akhirnya menyebabkan kesehatan tulang yang buruk.
  • Masalah Kekebalan:
    Vitamin D membantu dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh kita. Calcitriol, yang merupakan bentuk penting dari vitamin D, membantu dalam pemeliharaan sistem kekebalan tubuh. Rendahnya tingkat nutrisi ini selalu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, menyebabkan kerentanan terhadap penyakit dan infeksi.
  • Diabetes:
    Tidak banyak dari kita yang tahu bahwa vitamin D membantu produksi insulin dan fungsi sel, sehingga menjaga kadar gula darah yang tepat. Jika ada kekurangan dalam tubuh, keseimbangan ini terpengaruh dan karenanya risiko diabetes meningkat.
  • Seasonal Affective Disorder (SAD):
    SAD adalah bentuk depresi yang terjadi pada orang-orang di musim dingin karena kurangnya sinar matahari. Umumnya, mengonsumsi suplemen vitamin D disebut-sebut sebagai obat untuk SAD. Namun, tidak ada temuan pasti tentang efektivitas suplemen vitamin ini yang telah ditetapkan. Selain itu, nutrisi ini membantu fungsi neurotransmiter dan karenanya kuantitasnya yang rendah dalam tubuh menyebabkan koordinasi yang buruk di antara sel-sel otak, sebuah penelitian menunjukkan. Kunjungi ahli medis untuk mencari resep tentang gangguan ini.

Harus dipahami bahwa vitamin D yang rendah memiliki efek negatif yang parah pada kesehatan individu secara keseluruhan, oleh karena itu peningkatan asupan dalam makanan diperlukan. Beberapa makanan yang kaya akan nutrisi penting ini adalah minyak hati, produk susu, telur, ikan air asin, dll. Paparan sinar matahari setiap hari selama minimal 20 menit juga penting bagi orang yang menderita kekurangan vitamin D.