Efek Samping Polifenol

Karena polifenol dikenal sebagai antioksidan, efek samping polifenol tidak seimbang dengan manfaatnya. Sampai saat ini, belum ada bukti yang dapat diandalkan mengenai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh fitonutrien ini.

Polifenol adalah nama yang diberikan untuk sekelompok senyawa yang dikenal memiliki efek meningkatkan kesehatan. Bahan kimia alami pada tanaman ini berwarna-warni dan memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Flavonoid adalah senyawa yang paling populer di antara polifenol. Kehadiran mereka memberi warna pada berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Berikut adalah beberapa anggapan yang mendukung efek samping polifenol.

Efek samping

Polifenol diklasifikasikan sebagai antioksidan, yang berarti mereka dapat melindungi tubuh dari efek berbahaya dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil dalam tubuh kita yang terkenal merusak sel-sel sehat. Molekul-molekul ini dengan kemampuan destruktifnya menyebabkan kerusakan progresif pada organ-organ seperti mata dan jantung. Penglihatan yang berkurang, penurunan efisiensi jantung dan sistem kekebalan yang lebih lemah adalah beberapa masalah kesehatan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Semua masalah kesehatan ini adalah akibat dari kerusakan radikal bebas. Cara mudah untuk secara substansial meminimalkan efek merusak dari radikal bebas adalah dengan memiliki makanan tinggi polifenol.

Namun, sisi sebaliknya adalah bahwa mungkin ada beberapa kemungkinan efek samping polifenol juga, yang belum terbukti. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh American Society for Clinical Nutrition, polifenol berpotensi mengganggu penyerapan zat besi, dan dengan demikian dapat menyebabkan defisiensi zat besi pada subjek anemia ambang tertentu.

Juga, suplemen yang memberikan dosis polifenol yang sangat tinggi mungkin tidak aman untuk dikonsumsi. Dalam hal ini juga, efek samping akibat overdosis hanyalah hipotesis.

Polifenol tersedia dalam berbagai bahan makanan seperti bawang, berry, apel, kedelai, teh hijau, anggur, dan dalam beberapa suplemen nutrisi. Saat memilih sumber makanan kaya polifenol, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak dimaniskan atau diencerkan. Alasannya adalah – sifat antioksidan polifenol tidak boleh melebihi kalori yang dihasilkan bersamanya.

Manfaat

Karena mereka menunjukkan aktivitas antioksidan, polifenol bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan secara keseluruhan. Para peneliti belum menemukan bukti yang akan mendukung kemungkinan efek toksiknya. Sampai saat itu, mari kita lihat manfaatnya:

Mempromosikan Jantung Sehat

Mencari rencana diet yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda? Sebuah rencana diet yang lebih berfokus pada makan makanan kaya polifenol, adalah obat populer untuk meningkatkan kesehatan jantung. Seseorang dapat mencegah kesehatan jantung memburuk, seiring bertambahnya usia, jika makanan tinggi polifenol dikonsumsi setiap hari. Polifenol memastikan bahwa kemampuan memompa jantung tidak menurun seiring bertambahnya usia.

Mempromosikan Kesehatan Mata

Gangguan mata terkait usia yang merusak kualitas hidup selalu dapat dicegah dengan polifenol. Untuk menjaga penglihatan secara alami, seseorang selalu dapat mengandalkan polifenol, bukan suplemen vitamin. Untuk mencegah masalah mata dan memastikan penglihatan yang tajam bahkan selama usia tua, penting untuk memasukkan makanan kaya polifenol dalam makanan.

Mencegah Perkembangan Kanker

Polifenol juga dapat membantu meminimalkan risiko perkembangan kanker. Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa polifenol menampilkan aktivitas anti-kanker sehingga dimasukkan ke dalam makanan dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Kerusakan radikal bebas meningkatkan aktivitas kanker tetapi cara sederhana untuk menekannya dan mengurangi risiko kanker adalah dengan menjadikan makanan polifenol sebagai bagian integral dari diet.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah sesuatu yang dapat dengan mudah dicapai jika makanan dan minuman dengan konsentrasi polifenol tinggi dikonsumsi setiap hari. Mereka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap infeksi dan virus. Berfungsinya sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk rentang hidup yang lebih lama dan untuk hidup yang sehat. Polifenol mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu menjalani hidup yang lebih sehat, bertahun-tahun ke depan.

Peringatan

Meski efek sampingnya belum bisa dipastikan, konsumsinya dalam dosis besar dalam bentuk suplemen sudah pasti berbahaya. Padahal, penggunaan suplemen tidak diperlukan jika polifenol berasal dari sumber alami (makanan). Segala sesuatu yang terlalu banyak tidak baik dan ini berlaku untuk polifenol. Penelitian telah membuktikan bahwa terlalu banyak dosis melalui suplemen tidak pernah dapat ditoleransi oleh tubuh. Juga orang yang memiliki masalah jantung dan ginjal yang sudah ada sebelumnya harus menjauhi suplemen ini serta minuman tinggi polifenol.

Jadi, untuk menuai manfaat polifenol, sertakan berbagai hidangan sayuran dan buah-buahan dalam makanan. Minuman seperti teh hijau juga merupakan sumber polifenol yang sangat baik sehingga mengkonsumsinya setiap hari, dalam jumlah sedang, dapat baik untuk kesehatan.