Pengertian Laju Metabolisme basal (BMR)

Metabolisme basal adalah energi yang diperlukan oleh tubuh dalam keadaan istirahat total, baik jasmani maupun rohani. Energi ini adalah energi minimal yang tidak dapat dikurangi lagi, yang diperlukan untuk memelihara proses-proses hidup, yaitu untuk pernapasan, peredaran darah, pertahanan tubuh, dan sebagainya. Metabolisme basal dapat dihitung dengan mengukur luas permukaan tubuh, berat, umur, dan jenis kelaminnya.

Laju Metabolisme bsal (BMR) adalah jumlah total kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan fungsi dasar yang menopang hidup. Fungsi-fungsi basal ini meliputi sirkulasi, pernapasan, produksi sel, pemrosesan nutrisi, sintesis protein, dan transportasi ion. Anda dapat menghitung laju metabolisme basal menggunakan rumus matematika.

Banyak panduan penurunan berat badan dan olahraga menggunakan istilah laju metabolisme basal dan laju metabolisme istirahat (RMR) secara bergantian. Dan faktanya adalah kedua istilah ini sangat mirip. Tetapi ada sedikit perbedaan dalam definisi BMR dan definisi RMR yang bermanfaat untuk dipahami.

Definisi Tingkat Metabolisme Basal

Pengukuran jumlah kalori yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi dasar (basal) tubuh Anda, seperti pernapasan, sirkulasi, dan produksi sel. BMR paling akurat diukur dalam pengaturan lab dalam kondisi yang sangat ketat.

Definisi Tingkat Metabolisme Istirahat

Ukuran jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat. Tingkat metabolisme istirahat (RMR) biasanya diukur pada pagi hari sebelum Anda makan atau berolahraga dan setelah tidur malam yang nyenyak.

Seperti yang Anda lihat, definisi RMR dan BMR hampir identik. Tingkat metabolisme istirahat Anda harus merupakan perkiraan akurat tingkat metabolisme basal Anda. Karena istilahnya mirip, banyak ahli kebugaran dan penurunan berat badan menggunakan kedua istilah tersebut untuk menggambarkan hal yang sama. Tetapi istilah “tingkat metabolisme istirahat” lebih umum.

Cara Menghitung Tingkat Metabolisme Basal

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya menghitung BMR Anda. Anda dapat menemukan angka tersebut menggunakan rumus yang dirancang oleh para ilmuwan, Anda bisa mengujinya di laboratorium, atau Anda dapat menggunakan kalkulator online. Tidak ada metode yang sangat akurat, tetapi tes lab mungkin akan memberi Anda perkiraan terbaik.

Tetapi karena tes laboratorium bisa mahal, banyak pelaku diet dan olahraga menggunakan salah satu dari dua metode lainnya untuk menentukan tingkat metabolisme basal dan / atau jumlah total kalori yang mereka bakar setiap hari.

Rumus untuk Menghitung BMR Anda

Persamaan Harris-Benedict sering digunakan untuk memperkirakan tingkat metabolisme basal.

Pria: BMR = 88,362 + (13,397 x berat dalam kg) + (4,799 x tinggi dalam cm) – (5,677 x usia dalam tahun)

Wanita: BMR = 447.593 + (9,247 x berat dalam kg) + (3,098 x tinggi dalam cm) – (4,330 x usia dalam tahun)

Bagaimana Mengubah Tingkat Metabolisme Basal

Kombinasi faktor menentukan tingkat metabolisme basal Anda. Faktor genetik, usia, jenis kelamin, dan komposisi tubuh semuanya berperan. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol genetika, usia atau jenis kelamin. Tetapi Anda dapat mengubah komposisi tubuh Anda untuk meningkatkan metabolisme.

Jadi, bagaimana Anda mengubah BMR Anda? Membentuk otot! Bahkan ketika tubuh Anda dalam keadaan istirahat, massa otot tanpa lemak akan membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Dan Anda bahkan tidak perlu menjadi binaragawan untuk melihat manfaatnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa setelah hanya beberapa minggu pelatihan resistensi Anda mungkin dapat melihat peningkatan 7-8% dalam tingkat metabolisme istirahat.

Cara Menggunakan BMR untuk Menurunkan Berat Badan

Sekarang Anda memahami BMR Anda dapat menggunakan angka tersebut untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Tingkat metabolisme basal Anda dikombinasikan dengan dua faktor lain dapat memberi Anda gambaran tentang jumlah total kalori yang Anda bakar setiap hari.

Laju Metabolisme basal
Laju Metabolisme basal

Total Kalori Yang Dibakar Setiap Hari

  • Tingkat metabolisme basal: 60-75% dari total kalori yang terbakar setiap hari
  • Termogenesis aktivitas (gerakan dan olahraga non-olahraga) 15-30% dari total kalori yang terbakar setiap hari
  • Efek termal dari makanan (kalori yang terbakar karena makan dan pencernaan) 10% dari total kalori yang terbakar setiap hari

Jika Anda dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda makan, Anda akan membuat defisit kalori, atau keseimbangan energi negatif.

Defisit kalori 500-1000 kalori per hari harus menghasilkan penurunan 1-2 pon per minggu.

Ringkasan

Mempelajari tingkat metabolisme basal Anda dan jumlah total kalori yang Anda bakar setiap hari adalah langkah positif dalam proses mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat. Semakin banyak Anda tahu, semakin mudah untuk membuat perubahan dalam hidup Anda yang menghasilkan hasil nyata. Lacak angka-angka Anda, simpan jurnal penurunan berat badan, kumpulkan dukungan dari teman dan keluarga, dan hubungkan dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk menemukan rencana yang sesuai untuk jangka panjang bagi Anda.

Pengertian Laju Metabolisme basal (BMR)
Pengertian Laju Metabolisme basal (BMR) 1

Metabolisme basal adalah energi yang diperlukan oleh tubuh dalam keadaan istirahat total, baik jasmani maupun rohani. Energi ini adalah energi minimal yang

Editor's Rating:
5

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *