Apa itu Pelatihan Sirkuit?

Push-up dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pelatihan sirkuit.

Latihan sirkuit adalah bentuk latihan fisik yang menggabungkan latihan kekuatan, atau latihan beban , dengan latihan daya tahan, atau latihan kardiovaskular . Ini dapat digunakan oleh satu orang yang mengikuti rutinitas latihan atau oleh sekelompok orang yang bergiliran di antara stasiun-stasiun latihan. Jenis rutinitas ini melatih seluruh tubuh dalam satu sesi.

Banyak orang menemukan bahwa latihan sirkuit adalah cara yang bagus untuk berolahraga tanpa memerlukan peralatan. Contoh rotasi latihan dapat mencakup push-up, sit-up atau bentuk lain dari pelatihan perut, jumping jacks , dan dorongan jongkok. Dalam kasus seperti ini, seseorang melakukan pengulangan latihan sebanyak mungkin selama periode waktu tertentu, sebelum pindah ke stasiun berikutnya. Di antara stasiun, ada waktu pemulihan 20 hingga 30 detik yang diizinkan, tetapi tidak pernah lebih dari itu, karena detak jantung akan turun terlalu banyak.

Rotasi latihan dalam latihan sirkuit mungkin termasuk jumping jacks.

Rencana latihan juga dapat dilakukan dengan menggunakan mesin beban, resistensi elastis , atau beban genggam. Pelatihan sirkuit juga dapat mengikuti tema tertentu, seperti menggabungkan latihan Pilates yang berbeda atau menggunakan teknik tinju. Karena jenis latihan ini dapat disesuaikan untuk menggunakan segala jenis peralatan yang tersedia, sering kali menjadi program pilihan bagi orang-orang yang ingin berolahraga di luar ruangan. Di gym, rutinitas dapat mencakup lima menit di treadmill , diikuti dengan latihan perut, diikuti oleh lima menit pada mesin kardio yang berbeda seperti stepper atau sepeda, dan seterusnya. Agar efektif, semua latihan harus dilakukan dengan intensitas tinggi.

Treadmill dapat digunakan dalam latihan sirkuit.

Program pelatihan sirkuit seringkali membutuhkan waktu rata-rata 30 menit untuk diselesaikan, dan menawarkan keuntungan yang sama seperti yang diberikan oleh latihan reguler selama satu jam. Ini juga berarti bahwa mereka adalah pilihan yang sangat baik untuk orang-orang yang tidak mampu menghabiskan dua atau tiga jam di gym secara teratur.

Salah satu kelemahan dari jenis latihan ini adalah terlalu sulit untuk diikuti bagi pemula. Orang yang tidak bugar atau yang sudah lama tidak berolahraga berisiko melukai diri sendiri jika mendorong tubuhnya terlalu keras pada program intensitas tinggi. Dalam kasus tersebut, meminta bantuan pelatih pribadi dapat membuat semua perbedaan, terutama selama beberapa minggu pertama pelatihan.