Teknik Merekam Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah peradangan dan degenerasi fasia berikutnya. Ini dapat diobati dengan menempelkan plantar fascia. Ini adalah cara yang efektif untuk membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Artikel berikut memberikan informasi tentang hal yang sama.

Plantar fasciitis adalah penyakit parah, menyakitkan, dan lanjut yang terjadi ketika ligamen panjang dan datar yang disebut plantar fascia di sepanjang bagian bawah kaki, mengalami robekan dan secara bertahap merosot. Ligamentum ini meluas ke lima jari kaki dan berjalan di sepanjang bagian bawah kaki, menghubungkan tumit. Dalam beberapa kasus, ini dapat menyebabkan ruptur permanen pada ligamen.

Penyebab

  • Faktor biomekanik seperti, kaki terpelintir ke dalam yang abnormal (pronasi), lengkungan tinggi, kaki rata, atau tendon ketat di sepanjang bagian belakang tumit (tendon Achilles) adalah beberapa penyebab umum dari kondisi ini.
  • Pronasi yang berlebihan bertanggung jawab untuk ketegangan yang diperpanjang pada ligamen ini, karena lengkungannya turun saat berdiri atau berjalan.
  • Tekanan berulang pada kaki karena pekerjaan atau aktivitas yang menuntut berjalan lama atau berdiri di permukaan yang keras atau tidak teratur dapat menyebabkan kondisi ini. Berlari, joging, dan berolahraga juga dapat menyebabkan keausan ligamen.
  • Faktor yang memberatkan, seperti kelebihan berat badan, memiliki bantalan sepatu yang buruk, sandal yang tipis, dll. juga dapat menyebabkan plantar fasciitis.
  • Penuaan menyebabkan jaringan di tumit melemah seiring waktu dan menyebabkan keausan ligamen.
  • Cedera kaki traumatis tunggal juga dapat menyebabkan timbulnya kondisi ini.

Merekam untuk Plantar Fasciitis

Taping adalah salah satu cara terbaik untuk menstabilkan dan mengobati peradangan. Ini memberikan dukungan dan mengurangi stres pada ligamen, sehingga menghilangkan rasa sakit dan mencegah penyakit lain terjadi. Ketika kaki direkatkan dengan benar, gerakan abnormal fasia atau peregangan berlebihan akan dibatasi, yang mencegah air mata berkembang di jaringan.

Pita atletik adalah pita yang paling umum digunakan yang mudah tersedia di berbagai barang olahraga dan toko obat. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat digunakan untuk merekatkan ligamen.

  • Mulailah dengan merekatkan bola kaki (metatarsal), dan dengan selotip lain membungkus area tumit; pasang kedua pita itu bersama-sama.
  • Letakkan selotip di sekitar daerah metatarsal dan silangkan kaki tengah secara diagonal sebelum membungkusnya di sekitar tumit yang menyilangkan kaki tengah lagi. Ini membentuk bentuk X di tengah kaki yang memberi dukungan pada plantar fascia. Bungkus tiga kali untuk memastikannya tahan dan menciptakan dukungan yang kuat.
  • Sekarang letakkan selotip secara horizontal di sepanjang kaki untuk membungkus strip sebelumnya dan pastikan bahwa permukaan bawah (plantar) kaki sepenuhnya tertutup dari daerah metatarsal ke tumit. Ini akan memberikan dukungan dan istirahat yang diperlukan untuk ligamen.

Saat menggunakan plester ini, penting untuk menjaga kaki tetap kering dan bersih. Saat mencuci kaki, hindari menggunakan sabun pelembab karena ini akan membuat plester menempel lebih baik ke permukaan. Pastikan selotip tidak tertinggal di kaki sepanjang hari. Lepaskan selotip untuk beberapa saat agar kulit dapat bernapas. Untuk memaksimalkan manfaat dari taping ini, Anda bisa mengaplikasikannya di pagi hari untuk memberikan dukungan sepanjang hari, atau mengaplikasikannya sebelum berolahraga agar tidak meregang secara berlebihan.

Keberhasilan bervariasi sesuai dengan tingkat keparahan kondisi. Teknik ini sangat efektif bila digunakan bersama dengan metode pengobatan lainnya. Latihan atau peregangan seperti peregangan bangku, jalan kaki, peregangan Achilles, dll juga membantu mendapatkan kembali kekuatan dan mobilitas otot kaki. Ini tidak hanya membatasi jangkauan pergerakan ligamen, tetapi juga mencegah peregangan berlebihan dan cedera pada serat-serat fascia plantaris.