Suplemen Kalsium dan Sembelit

Kebanyakan wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium melaporkan sembelit sebagai salah satu efek sampingnya. Artikel Ini ini menjelaskan mengapa suplemen kalsium sering menyebabkan sembelit, dan bagaimana hal itu dapat dicegah.

Kalsium tepat disebut ‘blok bangunan’ tubuh. Ini adalah nutrisi yang diperlukan untuk tulang yang kuat dan kokoh. Seiring bertambahnya usia, kandungan kalsium dalam tulang mulai berkurang. Osteoporosis adalah gangguan kekurangan kalsium, di mana tulang menjadi rapuh dan lemah. Wanita pasca menopause adalah korban utama osteoporosis. Suplemen kalsium sering direkomendasikan untuk mengurangi hilangnya jaringan tulang akibat osteoporosis. Namun, entah bagaimana mereka mengganggu sistem ekskresi tubuh, dan menyebabkan sembelit pada seseorang.

Peran Kalsium dalam Tubuh

Kalsium merupakan komponen penting dalam pembentukan tulang. Faktanya, tulang dan gigi kita terbuat dari hidroksiapatit, senyawa yang terdiri dari kalsium dan fosfat. Tulang kita terus mengalami reformasi, oleh karena itu, selalu ada kebutuhan akan kalsium. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh dengan baik. Ketika kadar kalsium dalam darah turun, kalsium dari tulang digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi ini. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak dapat memenuhi permintaan kalsium dari makanan saja.

Suplemen Kalsium dan Sembelit

Kebutuhan harian kalsium dalam tubuh adalah sekitar 1200 mg sampai 1300 mg, untuk orang dewasa. Ini dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan dibangun dari individu. Juga, permintaan kalsium tinggi untuk wanita hamil dan pasca menopause. Peningkatan kebutuhan kalsium ini tidak dapat dipenuhi melalui diet saja, sehingga suplemen kalsium sering direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Namun, saat akan suplemen, sangat penting untuk memilih suplemen yang tepat. Berbagai faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih suplemen kalsium adalah – kemurnian, daya serap, toleransi, dan kemungkinan interaksi dengan fungsi tubuh. Suplemen tersedia dalam berbagai bentuk, kalsium karbonat, kalsium fosfat, kalsium sitrat, kalsium asetat, kalsium sitrat malat, kalsium glukonat, kalsium laktat, kalsium laktoglukonat, trikalsium fosfat, dll.

Kalsium karbonat diduga bertanggung jawab untuk mengurangi frekuensi buang air besar. Dari semua bentuk, kalsium karbonat adalah yang paling sembelit. Akibatnya, terjadi penurunan keinginan untuk buang air besar. Jika masalah berlangsung lama, itu bisa berkembang menjadi sembelit. Kalsium karbonat juga mengganggu fungsi pencernaan, dan sering menyebabkan pembentukan gas atau kembung. Namun, efek samping tersebut hanya terjadi pada orang yang tidak mampu menyerap kalsium dengan baik. Jika tidak, suplemen kalsium tidak menyebabkan efek buruk.

Cara Mencegah Sembelit Karena Suplemen Kalsium

➺ Jika kalsium karbonat adalah penyebab sembelit, Anda dapat beralih ke jenis suplemen kalsium yang lebih mahal seperti kalsium fosfat dan kalsium sitrat.

➺ Mengkonsumsi suplemen dengan makanan dapat membantu meningkatkan daya serapnya, karena keberadaan makanan di perut mendorong pelepasan asam yang membantu memecah suplemen. Makanan juga memperlambat pergerakan kalsium di usus sehingga lebih banyak waktu untuk kalsium diserap. Ini membantu mencegah sembelit. Namun, kalsium sitrat tidak memerlukan asam untuk memecahnya. Jadi, bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

➺ Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda dan mengambil suplemen kalsium yang datang dengan vitamin D. Vitamin meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh Anda, dan dapat menurunkan efek samping.

â Suplemen kalsium lebih baik diserap jika dikonsumsi dalam dosis kecil (500 mg atau kurang). Juga, lebih baik memulai dengan dosis kecil. Anda dapat meningkatkannya secara bertahap.

â Asupan kalsium yang berlebihan pasti menyebabkan sembelit. Jadi, cobalah untuk mengurangi dosis sepanjang hari. Misalnya, jika Anda seharusnya mengambil dua dosis per hari, ambil satu di pagi hari dan satu di malam hari.

â Anda harus minum 6 sampai 8 gelas air setiap hari. Demikian pula, suplemen diet Anda dengan banyak serat dan cairan, yang memudahkan buang air besar.

➺ Dan yang tak kalah pentingnya, Anda harus meningkatkan aktivitas fisik, karena ini juga dapat membantu menurunkan gejala sembelit.

➺ Cobalah untuk mendapatkan kalsium sebanyak mungkin dari makanan. Jus buah yang diperkaya dan produk susu rendah lemak merupakan sumber kalsium yang baik. Sebagai hasil dari peningkatan asupan makanan kaya kalsium, Anda mungkin memerlukan suplemen kalsium dosis rendah.

Para peneliti dan dokter belum menemukan bukti nyata yang menghubungkan asupan kalsium dan konstipasi yang diakibatkannya. Namun, jika Anda menghadapi masalah sembelit saat mengonsumsi suplemen kalsium, Anda dapat beralih ke kalsium sitrat atau mengikuti tips yang diberikan di atas, untuk mengatasi masalah tersebut.

Penafian: Informasi yang diberikan dalam artikel ini semata-mata untuk mendidik pembaca. Hal ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat ahli medis.