Penyebab Kaki Pegal

Apakah Anda khawatir karena rasa sakit yang konstan di kaki? Baca penyebab kaki pegal yang dijelaskan dalam artikel ini. Beberapa penyebab kecil dan Anda dapat menghilangkan rasa sakit dengan pengobatan rumah sederhana. Selain itu, tindakan pencegahan yang dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu Anda menghindari rasa sakit yang sering.

Femur, tibia dan fibula adalah tulang utama di kaki dan terkadang, masalah dengan salah satu dari mereka dapat menyebabkan rasa sakit yang menyiksa di kaki Anda. Kaki adalah bagian tubuh yang paling dapat diandalkan, di mana Anda dapat mengistirahatkan tubuh dengan mudah. Ada lebih banyak kemungkinan cedera kaki daripada cedera tubuh lainnya, karena kaki membuat Anda tetap dalam kondisi bergerak. Kaki yang lemah dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda dengan sangat buruk. Sakit kaki dialami tidak hanya oleh orang tua tetapi juga oleh orang muda, mungkin sebagai akibat dari kehidupan yang serba cepat.

Penyebab Umum Sakit Kaki

  • Penyakit Arteri Perifer : Penyakit arteri perifer di kaki banyak ditemukan pada orang tua, sebagai akibat dari aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena timbunan lemak di dalam pembuluh darah). Ini menjadi semakin umum seiring bertambahnya usia. Penyakit ini menyebabkan penyumbatan arteri secara bertahap. Jika tidak ada perbaikan dalam aliran darah, jaringan yang rusak dapat mati karena kekurangan darah dan oksigen dan nutrisi.
  • Stres Fisik : Berdiri atau berjalan selama berjam-jam menyebabkan ketegangan berlebihan pada otot dan saraf kaki. Ibu hamil sering menghadapi masalah nyeri kaki akibat peningkatan berat badan dan stres.
  • Varises : Varises membawa darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung. Ketika ada masalah pada katup vena ini, darah kotor mulai mengalir ke arah yang salah, menyebabkan pembengkakan vena. Wanita lebih mungkin menderita gangguan ini.
  • Tendinitis : Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang. Peradangan pada tendon di dekat persendian seperti tumit atau lutut, akibat rheumatoid arthritis atau diabetes dapat menyebabkan nyeri pada persendian dan otot. Arthritis atau asam urat dapat menyebabkan peradangan pada setiap sendi di kaki dan dapat menjadi penyebab rasa sakit yang parah.
  • Kebiasaan Tidak Benar : Merokok, penyalahgunaan alkohol, kecanduan narkoba, dll dapat mempengaruhi kesehatan pembuluh darah. Asupan racun yang berlebihan menyebabkan kerusakan saraf dan disfungsi sistem tubuh.
  • Diet Seimbang : Kurangnya diet seimbang dan sehat adalah salah satu penyebab penting dari kelemahan dan rasa sakit. Anda harus memasok semua nutrisi ke tubuh Anda (dalam proporsi yang benar), jika Anda ingin memiliki tubuh yang kuat. Kelangkaan kalium, zat besi, natrium, kalsium, atau magnesium dapat membuat kaki Anda lemas.
  • Siklus Menstruasi : ‘Ketidakseimbangan hormon’ adalah salah satu penyebab utama kelemahan. Saat menstruasi, hamil dan melahirkan, wanita selalu mengeluhkan nyeri pada kaki.
  • Hipertiroidisme : Tiroid yang terlalu aktif dapat menjadi penyebab rasa sakit. Faktanya, disfungsi kelenjar atau sistem apa pun di tubuh Anda dapat menyebabkan kaki pegal, karena kaki menopang tubuh Anda sepanjang hari dan paling tegang dalam segala jenis aktivitas.
  • Sciatica : Peradangan saraf sciatic yang menimbulkan kondisi yang disebut sciatica, adalah penyebab umum dari rasa sakit yang parah di kaki. Mungkin ada sensasi kesemutan atau mati rasa yang dihasilkan oleh iritasi akar saraf.
  • Kurang Berolahraga : Karena mesin memerlukan pelumasan dan servis, tubuh Anda juga memerlukan program latihan tertentu agar tetap sehat, bugar, dan aktif. Kurangnya olahraga yang tepat dan teratur menyebabkan melemahnya otot-otot di kaki.
  • Restless Leg Syndrome : Seseorang yang selalu menggerakkan kakinya mungkin mengalami restless leg syndrome. Banyak anak-anak atau dewasa muda menderita gangguan ini.
  • Dehidrasi : Air sangat penting untuk metabolisme tubuh. Asupan air yang tidak mencukupi dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan Anda.
  • Cedera Sebelumnya : Patah tulang atau jenis cedera kaki lainnya dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Bahkan setelah pemulihan total dari patah tulang, rasa sakit dapat dialami di lokasi tertentu.
  • Sepatu : Sepatu yang tidak pas atau alas kaki bertumit tinggi terus-menerus dapat menyebabkan rasa sakit. Jangan gunakan sepatu cara terbaru, jika Anda tidak nyaman dengannya.
  • Penyakit : Berbagai penyakit mengakibatkan kelemahan dan kelelahan otot. Diabetes yang tidak terkontrol sering merusak saraf di kaki. Gangguan peredaran darah juga bertanggung jawab atas nyeri kaki. Kaki yang sakit bisa menjadi gejala fibromyalgia dan sindrom kelelahan kronis (CFS). Orang dengan penyakit kronis seperti radang sendi dan kanker mungkin sering mengalami nyeri dan nyeri tekan pada persendian dan otot kaki.
  • Olahraga : Semua jenis olahraga, misalnya joging atau berenang, setelah beberapa lama tidak aktif dapat menyebabkan nyeri pada persendian dan otot yang tegang. Anda mungkin mengalami rasa sakit di siang hari dan juga di malam hari.
  • Anemia : Anemia defisiensi besi adalah salah satu penyebab umum nyeri tersebut.
  • Kram Kaki : Setelah kram kaki yang parah, nyeri dialami selama satu atau dua hari.
  • Tumor : Tumor yang tumbuh di kaki atau bahkan gumpalan darah di kaki dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.
  • Salah : Postur tubuh yang salah saat berdiri, duduk atau bekerja adalah salah satu penyebab utama kaki pegal.
  • Obat -obatan : Asupan obat-obatan tertentu seperti allopurinol dan kortikosteroid dapat menyebabkan nyeri pada kaki.

Anda harus merawat kaki dengan benar, karena kaki memberikan dukungan yang diperlukan untuk tubuh Anda. Anda harus mengikuti diet sehat dan menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Memberikan istirahat yang cukup untuk kaki juga sama pentingnya. Menggunakan sol, tongkat atau alat bantu jalan (jika perlu), menjaga kaki pada posisi yang lebih tinggi, mengoleskan es, meminum obat pereda nyeri, dll., dapat membantu menurunkan rasa sakit. Jika Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak (bahkan jika Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh), bangunlah dan berjalan-jalan santai setiap beberapa jam. Ini membantu menurunkan risiko trombosis vena dalam atau nyeri umum. Anda tidak boleh duduk dalam posisi tanpa gerakan kaki, untuk waktu yang lama.

Latihan peregangan, bila dilakukan secara teratur, membantu memperkuat kaki Anda. Tindakan sederhana seperti menjaga postur tubuh yang tepat, mengenakan sepatu yang tepat, mengenakan legging hangat selama musim dingin, memijat dengan minyak, mengikuti diet sehat, dan meminum obat yang diresepkan untuk penyakit yang ada dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut.

Penafian: Artikel Ini ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis ahli.