Latihan Vertigo Posisi

Vertigo adalah sensasi terguncang bahwa Anda berputar atau dunia di sekitar Anda berputar. Latihan untuk vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV), penyebab paling umum untuk serangan vertigo, dapat membantu mengatasi perasaan vertigo.

Sebelum mengetahui tentang latihan dasar vertigo posisional, mari kita ketahui secara singkat apa itu Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) dan gejalanya.

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) adalah perasaan abnormal dari gerakan atau putaran yang dapat berlangsung selama beberapa detik atau hingga satu menit. Ini terjadi karena beberapa masalah di telinga bagian dalam, menyebabkan serangan vertigo singkat yang datang dan pergi. Saluran telinga bagian dalam terdiri dari batu kalsium kecil yang berasal dari struktur di telinga yang disebut utrikulus, yang membantu Anda menjaga keseimbangan. Partikel-partikel ini bergerak di dalam liang telinga ketika kita bergerak dengan cara tertentu, seperti saat berdiri, melihat ke rak yang tinggi atau ke langit, atau memutar kepala. Karena beberapa infeksi atau peradangan, batu-batu ini tidak dapat bergerak, akibatnya sinyal yang salah dikirim ke otak yang memengaruhi keseimbangan kita. Anda mungkin mengalami perasaan berputar atau miring saat menggerakkan kepala, berguling di tempat tidur, memutar kepala dengan cepat, membungkuk, atau memiringkan kepala ke belakang. Meskipun bukan penyakit kesehatan yang serius, pusing, kehilangan keseimbangan, penglihatan kabur, pusing, mual, dan bahkan muntah adalah beberapa gejala umum dari vertigo. Biasanya berlangsung selama satu atau dua menit dan bisa ringan atau parah.

Latihan Vertigo Posisi Jinak

Latihan vertigo posisi paroksismal jinak membantu partikel atau batu di saluran setengah lingkaran telinga kita untuk bergerak bebas. Latihan-latihan ini membantu menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah terjadinya vertigo. Setiap kali melakukan latihan ini, lakukan secara perlahan untuk mencegah kepala Anda terbentur atau cedera ringan.

Berikut adalah tiga latihan dengan gambar untuk kondisi ini, yang sering digunakan untuk pengobatan. Seorang fisioterapis membantu pasien dengan latihan ini, dan setelah itu pasien dapat melanjutkan latihan ini beberapa kali sehari untuk pengobatan sendiri.

Manuver Epley

Juga disebut manuver pemosisian ulang partikel atau pemosisian ulang kanal, ini adalah latihan di mana Anda harus memposisikan kepala Anda menjadi empat gerakan berurutan dengan menetapkan durasi waktu yang tetap untuk setiap posisi.

  • Duduk tegak dan posisikan kepala Anda ke sisi gejala pada sudut 45°, dan berbaring telentang.
  • Tetap dalam posisi ini setidaknya selama 5 menit dan kemudian putar kepala Anda pada sudut 90 ° ke sisi lain.
  • Tetap dalam posisi ini selama 5 menit lagi dan putar tubuh Anda ke samping dengan wajah menghadap ke bawah.
  • Setelah berada di posisi ini selama 5 menit, kembali ke posisi duduk Anda dan tetap dalam posisi itu selama hampir 30 detik.
  • Ulangi latihan 2-3 kali lebih banyak, dan rileks.

Ada juga Manuver Epley yang dimodifikasi. Dalam latihan ini, bantal digunakan untuk menopang bahu, sementara kepala digantung di tepi tempat tidur. Namun, latihan ini dilakukan dengan bantuan ahli fisioterapi.

Manuver Semont

Juga disebut manuver pembebasan, latihan ini melibatkan gerakan cepat kepala dari satu sisi ke sisi lain. Sesi berlangsung selama 10 – 15 menit, di mana kepala digerakkan dengan kuat pada posisi yang berbeda sehingga batu kalsium dapat bergerak bebas dan tidak lagi menimbulkan gejala vertigo.

  • Duduk tegak dan putar kepala Anda pada sudut 45° horizontal ke arah telinga yang tidak terpengaruh.
  • Miringkan kepala Anda pada sudut 105° sehingga Anda berbaring di sisi telinga yang sakit dengan kepala menggantung dan menghadap ke atas. Tetap dalam posisi ini selama sekitar 3 – 5 menit, biarkan kotoran berpindah ke puncak saluran telinga.
  • Pertahankan kepala Anda pada posisi yang sama, berbaringlah di sisi telinga yang tidak terpengaruh dengan hidung mengarah ke tanah. Tetap dalam posisi ini selama 3 – 5 menit, biarkan kotoran bergerak menuju pintu keluar liang telinga.
  • Akhirnya kembali ke posisi duduk awal Anda dan rileks.

Latihan Brandt-Daroff

Latihan ini biasanya dicoba ketika manuver Semont atau Epley yang dimodifikasi tidak cukup efektif. Pada latihan ini, pasien berulang kali diminta untuk berpindah dari posisi duduk ke posisi berbaring hingga vertigo berhenti. Ini meningkatkan kemampuan otak untuk mengatasi sinyal keseimbangan yang bertentangan yang diterimanya. Latihan ini juga direkomendasikan untuk penderita labirinitis.

  • Duduk tegak di tepi tempat tidur dan putar kepala sedikit ke sisi kiri dengan sudut 45°.
  • Berbaring cepat telentang ke sisi kanan dan tetap dalam posisi ini selama 20 – 30 detik atau sampai pusing hilang.
  • Duduk tegak dan tunggu lagi dalam posisi ini selama 20 – 30 detik atau sampai pusing hilang.
  • Sekarang putar kepala Anda sedikit ke sisi kanan dan berbaring dengan cepat telentang ke sisi kiri.
  • Tetap dalam posisi ini selama 20 – 30 detik dan kemudian duduk tegak, dan ulangi prosedurnya.

Sebagai pemula, lakukan latihan ini di bawah pengawasan dokter, dan setelah Anda menguasainya, cobalah berlatih di rumah, setidaknya 2 – 3 kali sehari. Jika Anda mengamati hasil positif setelah minggu pertama mengikuti latihan ini, maka kurangi frekuensinya menjadi 3 – 4 kali per minggu.

Jika Anda mengalami pusing, pastikan Anda segera duduk. Juga, gunakan pencahayaan yang baik jika Anda bangun di malam hari. Pertimbangkan untuk menggunakan tongkat untuk menstabilkan diri Anda dan mencegah jatuh. Berkali-kali BPPV berulang, bahkan setelah terapi berhasil. Namun, kondisi ini dapat dikelola dan latihan seperti di atas yang merupakan bagian dari terapi fisik dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

Penafian: Artikel Ini ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis ahli.