Latihan Setelah Operasi Bunion

Operasi bunion dilakukan untuk merawat tulang jempol kaki dan kaki yang cacat. Untuk pemulihan setelah operasi, istirahat total selama dua minggu pertama disarankan sementara latihan untuk minggu-minggu berikutnya direkomendasikan oleh dokter. Artikel ini membahas beberapa latihan yang dapat dilakukan setelah operasi bunion untuk mencegah kekakuan sendi jempol kaki.

Setelah operasi bunion, sendi jempol kaki menjadi sangat kaku. Hal ini dapat dicegah dengan melakukan latihan rentang gerak dan peregangan kaki secara teratur setelah operasi. Rutinitas latihan ini akan membantu Anda dalam pemulihan yang cepat dan mencegah kekakuan sendi jempol kaki dan perlengketan yang menyakitkan, yang merupakan jaringan parut. Untuk minggu pertama dan kedua setelah operasi, tidak ada latihan yang diperlukan karena hanya istirahat dan ketinggian yang harus diamati oleh pasien. Berikut ini adalah latihan yang perlu Anda ikuti setelah dua minggu pertama operasi.

Rutinitas Minggu ke-3 hingga ke-6

Mulailah dengan latihan rentang gerak ringan yang dibantu. Langkah-langkahnya adalah:

  • Pegang jempol kaki dan pegang jari-jari dekat dengan sendi jempol kaki. Pastikan Anda tidak memegang sendi interphalangeal, yaitu sendi di tengah jempol kaki, yang paling dekat dengan kuku kaki.
  • Sekarang, tekuk jari kaki ini dengan lembut ke atas sampai Anda merasakan resistensi dan ketidaknyamanan ringan. Tahan ini selama kira-kira 10 detik. Ulangi ini 3 kali.
  • Dengan cara yang sama, lakukan latihan dengan menekuk jari kaki ke bawah.

Latihan rutin ini sebaiknya dilakukan 3 kali sehari pada minggu ke-3 dan ke-4.

Untuk rutinitas minggu ke-5 dan ke-6, ikuti saja rutinitas olahraga tersebut di atas. Namun, selama dua minggu ini, alih-alih melakukan latihan 3 kali sehari, beralihlah ke melakukannya 6 kali sehari. Terus meningkatkan kekuatan dan kekuatan sebanyak yang Anda bisa mentolerir saat berolahraga.

Rutinitas Minggu ke-7

Selama minggu ke-7, mulailah rutinitas latihan dengan bantuan gravitasi dan menahan beban. Langkah-langkahnya adalah:

  • Berdiri dan pertahankan jempol kaki Anda di tanah, dan dorong berat badan Anda untuk memaksa fleksi pada jari kaki.
  • Tahan posisi tersebut selama 10 detik, atau kurang jika Anda tidak dapat mentolerir rasa sakit selama 10 detik.

Latihan lain seperti berjalan menanjak dan menaiki tangga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas pada sendi jempol kaki. Jika Anda dapat mentolerir rasa sakit, Anda dapat mengikuti latihan rutin yang disebutkan di bawah ini:

Latihan Distraksi dan Manipulasi

Langkah-langkahnya adalah:

  • Pegang kaki depan dengan satu tangan di belakang sendi jempol kaki dengan ibu jari diletakkan di atas kaki, dan dengan tangan lainnya, pegang jempol kaki di pangkal dekat sendi jempol kaki.
  • Tekuk jempol kaki ke arah luar, lalu stabilkan kaki depan dengan ibu jari tangan pertama dan dorong jempol kaki ke atas, tanpa menekuk jari kaki.
  • Tahan postur ini selama 10 detik dan ulangi latihan 3 kali.
  • Sekarang, dengan cara yang sama dorong jari kaki ke bawah sambil menjaga jari kaki tetap lurus. Tahan selama 10 detik dan ulangi 3 kali.

Latihan ini perlu dilakukan oleh pasien 6 kali sehari bersama dengan latihan rentang gerak yang disebutkan di atas. Latihan jalan kaki atau lari dapat dilakukan; namun, jangan memaksakan diri saat melakukan ini.

Tips Penting untuk Perawatan Kaki

Kiat-kiat berikut akan membantu menjaga kesehatan kaki yang baik:

  • Selalu kenakan sepatu yang pas, terutama sepatu yang nyaman. Kunci untuk membeli sepatu yang bagus adalah berbelanja sepatu di malam hari karena kaki sedikit membengkak di penghujung hari. Beli sepatu di mana bola kaki Anda pas dengan bagian terluas sepatu.
  • Jangan pernah mengabaikan rasa sakit di kaki, dan jika rasa sakit terus berlanjut, hubungi dokter.
  • Cuci kaki Anda dua kali sehari dan keringkan sepenuhnya.
  • Jika Anda penderita diabetes, kunjungi dokter kaki setahun sekali untuk pemeriksaan.
  • Potong kuku kaki Anda lurus, tetapi pastikan tidak terlalu pendek.

Latihan-latihan di atas akan berfungsi sebagai terapi fisik setelah operasi. Oleh karena itu, lakukan untuk menjaga kelenturan sendi jari kaki Anda setelah operasi. Juga, ingatlah tip-tip di atas untuk menjaga kesehatan kaki Anda.

Penafian : Artikel ini hanya untuk tujuan informatif. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program kebugaran fisik apa pun untuk mengurangi risiko cedera.