Kejang Otot di Kaki

Sebagian besar waktu, terlalu sering menggunakan otot kaki menyebabkan kejang di dalamnya. Tetapi jika masalahnya terjadi sebaliknya, maka itu mungkin mengindikasikan suatu kondisi medis. Gulir ke bawah untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mencegah kejang otot, dan apa yang dapat menyebabkan hal yang sama.

Sementara kejang otot umumnya mempengaruhi otot kaki dan betis, area otot seperti bagian depan dan belakang paha, lengan, tangan, perut, dan otot di sepanjang tulang rusuk juga dapat terpengaruh. Kejang otot dapat berlangsung selama beberapa detik atau selama sepuluh menit. Kontraksi kelompok otot yang tidak disengaja juga disertai dengan nyeri yang intensitasnya bervariasi dari ringan hingga berat.

Cegah Kejang Otot Dengan Tindakan Berikut:

✔ Jika Anda mencurigai asupan obat tertentu sebagai kemungkinan penyebab kejang otot di kaki, segera konsultasikan ke dokter.

✔ Regangkan kaki dan kaki Anda setiap kali melepas sepatu. Ini akan mencegah kejang otot kaki di masa depan.

✔ Jaga agar kaki Anda tetap tinggi saat beristirahat. Anda bisa meletakkan bantal di bawah kaki Anda. Ini akan membantu mencegah kejang otot di kaki di malam hari.

✔ Pijat kaki Anda secara teratur dengan minyak mustard hangat, minyak kelapa atau minyak zaitun searah dengan pertumbuhan otot.

✔ Rendam kaki atau betis Anda dalam air hangat selama sekitar 10-15 menit setiap hari. Anda juga bisa menambahkan garam Epsom ke dalam air hangat.

✔ Minum teh chamomile juga terbukti bermanfaat. Chamomile mengandung glisin, yang merupakan asam amino yang dikenal untuk meredakan kram otot dan nyeri otot.

✔ Kurangi konsumsi alkohol, teh, dan kopi. Ini memiliki efek dehidrasi pada tubuh.

✔ Berolahraga secara cararat akan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh Anda. Beristirahatlah dan jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

Apa Penyebab Kejang Otot di Kaki?

• Kejang otot tungkai dapat terjadi pada saat terjadi kontraksi otot yang sudah dalam posisi berkontraksi. Misalnya, otot betis rentan terhadap kejang otot jika seseorang tidur dalam posisi lutut sedikit ditekuk, dengan kaki mengarah ke bawah.

• Penyebab lain dari kejang otot yang tidak disengaja dan kedutan di kaki adalah kelelahan otot-otot kaki. Melakukan latihan yang intens tanpa melakukan latihan pemanasan dapat menyebabkan peregangan otot kaki yang berlebihan yang pada gilirannya dapat menyebabkan kelelahan otot. Hal ini dapat membuat seseorang rentan terhadap kejang otot di kaki.

• Diyakini bahwa dehidrasi dan kehilangan elektrolit juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kejang otot. Keringat berlebihan yang mungkin terjadi saat seseorang berolahraga di cuaca yang sangat panas, dapat menyebabkan penipisan elektrolit. Tinggi rendahnya konsentrasi natrium atau kalium akan menyebabkan perubahan konsentrasi keseimbangan garam dalam darah sehingga menyebabkan kram otot pada kaki.

• Kadang-kadang gangguan saraf mungkin menjadi alasan di balik terjadinya kejang otot kronis di kaki. Multiple sclerosis adalah salah satu gangguan tersebut dimana selubung mielin yang menutupi atau melindungi saraf menjadi meradang. Hal ini menyebabkan kerusakan saraf. Kejang otot sering dikaitkan dengan gangguan neurologis ini. Cedera tulang belakang juga bisa menyebabkan kejang otot.

• Kondisi medis yang menyebabkan distribusi cairan tubuh yang tidak normal kemungkinan besar menyebabkan kejang otot. Sirosis hati dan gagal ginjal adalah kondisi medis yang ditandai dengan pergeseran cairan tubuh dan karena itu dapat menyebabkan kejang otot. Mereka yang telah didiagnosis gagal ginjal dan perlu sering menjalani cuci darah sering mengalami kram otot di kaki.

• Sirkulasi yang buruk di kaki juga bisa membuat seseorang rentan terhadap kejang otot. Wanita hamil mungkin menderita kejang di kaki karena perubahan peredaran darah yang terjadi selama kehamilan. Karena tubuh mengalami banyak perubahan, ibu hamil diminta untuk mengonsumsi suplemen nutrisi untuk menjaga kadar kalsium dan magnesium dalam darah tetap normal. Wanita hamil yang menderita kekurangan kalsium dan magnesium kemungkinan besar akan menderita kram otot kaki.

• Penggunaan diuretik tertentu dalam waktu lama, obat antipsikotik, obat asma, dan obat statin juga dapat menyebabkan kontraksi otot yang tidak disengaja pada otot kaki.

Jika Anda tidak menemukan kelegaan setelah mencoba perawatan alami yang disebutkan di atas untuk kejang otot, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan praktisi medis untuk evaluasi penyebab dan perawatan medis yang tepat. Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati penyebab yang mendasarinya dan mungkin juga merekomendasikan penggunaan suplemen nutrisi. Umumnya, pelemas otot diresepkan untuk mereka yang menderita kejang otot kronis atau parah di kaki.

Penafian : Informasi yang diberikan dalam artikel ini semata-mata untuk mendidik pembaca. Hal ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat seorang ahli medis .