Kedutan Otot di Lengan

Otot berkedut di lengan biasanya merupakan hasil dari mengikuti rutinitas latihan yang ketat. Gangguan neurologis seperti cerebral palsy dan multiple scelerosis dan bahkan kekurangan vitamin B dapat menyebabkan gerakan otot yang tidak disengaja ini.

Kedutan otot tidak lain adalah palpitasi tak disengaja dari bagian otot mana pun. Area otot terus bergerak (melompat) ke atas dan ke bawah di bawah kulit selama beberapa waktu (beberapa detik atau menit). Juga disebut sebagai fasikulasi otot, sering dianggap sebagai respons tubuh terhadap kelelahan.

Mengapa Otot Berkedut?

Kecemasan
Kecemasan adalah penyebab utama gerakan otot yang tidak disengaja. Ini karena kecemasan membangun ketegangan pada otot. Paparan yang terlalu lama terhadap situasi cemas atau serangan kecemasan dapat membuat otot berkontraksi untuk jangka waktu yang cukup lama. Memasukkan teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi ke dalam jadwal harian Anda tentu dapat membantu meredakan kedutan otot.

Latihan
Dalam kebanyakan kasus, otot berkedut adalah respons tubuh terhadap latihan yang intens. Rutinitas angkat besi dapat memberikan banyak ketegangan pada otot lengan, yang kemudian dapat menyebabkan otot berkedut. Orang yang terburu-buru untuk membentuk otot melakukan latihan berat untuk jangka waktu yang lama. Penggunaan otot yang berlebihan ini sering menyebabkan otot berkedut, terutama di lengan. Latihan aerobik yang berat juga paling mungkin memicu otot berkedut. Latihan yang diketahui menyebabkan palpitasi otot pada lengan adalah sebagai berikut:

  • Pull-up
  • Pers bangku
  • Pendakian bertenaga
  • Keriting bisep

Kafein
Terlalu banyak kafein atau alkohol dalam makanan juga dapat menyebabkan otot berkedut. Kafein hadir dalam kopi, teh, dan cola. Kafein diketahui dapat merangsang saraf yang mengatur pergerakan otot. Dengan demikian, saraf yang hiper eksitasi akibat kelebihan asupan minuman berkafein dapat memicu palpitasi otot yang cepat.

Melewatkan Pemanasan
Mengabaikan pemanasan sebelum memulai rutinitas olahraga yang kuat juga dapat menyebabkan kedutan di bagian tubuh mana pun termasuk lengan. Pemanasan meningkatkan aliran darah dan membuat otot Anda lebih mudah menerima latihan. Tanpa pemanasan, otot-otot Anda akan kesulitan menangani ketegangan yang berlebihan selama latihan, yang dapat menyebabkan kedutan. Latihan yang didahului dengan pemanasan tidak mungkin menyebabkan otot berkedut.

Kekurangan Nutrisi
Banyak orang yang mengalami otot berkedut menunjukkan kekurangan magnesium dan kalsium dalam makanan mereka. Kekurangan vitamin B6 dan vitamin B12 juga dapat menyebabkan fasikulasi pada lengan.

Gangguan Neurologis
Jaringan padat saraf yang berjalan di seluruh tubuh menyampaikan sinyal dari otak untuk mengkoordinasikan gerakan otot. Ujung saraf terhubung ke serat otot yang membantu mengatur pergerakan otot. Namun, sistem saraf ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada orang yang menderita gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson, kejang, dan palsi serebral, yang dapat menyebabkan episode kejang otot intermiten hingga sering, tergantung pada tingkat keparahan kondisinya.

Multiple Sclerosis (MS)
Episode intermiten otot berkedut di lengan dan kaki juga telah dikaitkan dengan orang yang menderita multiple sclerosis. Kerusakan saraf adalah ciri khas dari multiple sclerosis. Seperti yang kita ketahui bersama, saraf yang berasal dari otak dilapisi dengan selubung mielin yang memastikan sinyal listrik yang melalui saraf ditransmisikan secara efisien. Aktivitas listrik otak ini mengatur pergerakan otot. Pada MS, selubung mielin ini dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Akibatnya, impuls listrik melalui saraf tidak merambat dengan baik. Akhirnya saraf juga mulai memburuk secara bertahap. Gangguan listrik ini akibat kerusakan selubung mielin dan saraf, dapat memicu kontraksi otot yang tidak disengaja. Kedutan otot pada pasien MS dapat memburuk di malam hari. Kedutan di lengan mungkin datang dan pergi tetapi dalam beberapa kasus, itu bisa berlanjut sepanjang hari.

Neuropati Perifer
Kedutan bersama dengan sensasi kesemutan di lengan dapat mengindikasikan neuropati perifer, sering dianggap sebagai komplikasi diabetes. Diabetes yang tidak dirawat dengan baik atau tidak terkontrol memicu kerusakan saraf yang sering terjadi pada saraf yang mengalir melalui lengan dan kaki. Terlalu banyak gula dalam darah untuk jangka waktu yang lama memperburuk fungsi saraf, yang dapat menyebabkan gerakan otot yang tidak terkendali.

Dehidrasi
Palpitasi otot di lengan atas juga bisa menjadi gejala ketidakseimbangan elektrolit. Elektrolit adalah mineral (kalsium, klorida dan magnesium) yang ada dalam cairan tubuh. Keseimbangan yang tepat dari mineral ini diperlukan untuk kontraksi otot yang normal. Dehidrasi seringkali menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit, yang akhirnya memicu kedutan otot.

Efek Samping Obat
Obat-obatan seperti diuretik sering digunakan untuk pengobatan hipertensi dan gagal jantung kongestif. Namun, sering menggunakan agen diuretik ini dapat menyebabkan otot berkedut di lengan. Fasikulasi otot juga dapat terjadi sebagai efek samping obat-obatan seperti kortikosteroid .

Distrofi
Otot Kedutan otot juga dapat terjadi pada orang yang terkena distrofi otot atau atrofi otot tulang belakang. Ketika saraf yang berakhir di otot tertekan atau rusak, hal itu juga dapat menyebabkan gerakan otot berulang di lengan. Dalam keadaan seperti itu, gejala-gejala berikut diperhatikan:

  • Kelemahan otot
  • Pengecilan otot (penurunan massa otot yang signifikan, otot menjadi lebih tipis)

Mengelola atau Mencegah Kedutan Otot

  • Memijat daerah yang terkena dapat membantu menghentikan kedutan otot di lengan. Pijatan lembut dengan jari-jari Anda menyebabkan otot-otot rileks dan meredakan kedutan.
  • Seperti disebutkan di atas, mengabaikan atau melupakan pemanasan sebelum memulai latihan dapat menyebabkan otot berkedut. Jadi, sebelum berolahraga, rutinitas pemanasan yang pada dasarnya terdiri dari peregangan otot harus dilakukan selama 5-10 menit untuk menghindari kedutan.
  • Menerapkan panas sering bekerja untuk menenangkan otot dan mengurangi kedutan. Jadi, seseorang dapat menggunakan bantalan pemanas atau kompres panas untuk mengurangi aktivitas spasmodik.
  • Merendam lengan Anda dalam air hangat selama 15-20 menit melemaskan otot-otot dan juga dapat memberikan bantuan langsung dari kedutan.
  • Minum air yang cukup sebelum, selama dan setelah latihan keras juga penting untuk mencegah dehidrasi dan otot berkedut berikutnya.
  • Usahakan untuk makan berbagai sayuran dan buah-buahan setiap hari. Ikuti diet seimbang untuk mencegah segala jenis kekurangan gizi.

Es dan Otot Berkedut

Kegunaan es juga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terkait dengan cedera, tetapi ketika menangani masalah terkait otot seperti kedutan, seseorang harus menghindari penggunaan es. Perasaan sensasi dingin sebenarnya dapat menyebabkan peningkatan aktivitas spasmodik otot. Sederhananya, aplikasi es dapat memperburuk kedutan otot secara signifikan. Jadi, menggosok es mungkin tidak membantu meredakan kejang otot.

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa kedutan otot yang disebabkan oleh cedera mungkin memerlukan penggunaan es selama 48 jam pertama untuk mengurangi peradangan. Namun, jika kedutan otot tidak terkait dengan cedera fisik apa pun, hindari menggosok es di area yang terkena.

Dalam kebanyakan kasus, otot berkedut di lengan kanan atau lengan kiri adalah masalah kecil dan sering tidak disadari. Kedutan otot yang terjadi kadang-kadang tidak berbahaya, dan karenanya mengunjungi dokter sebenarnya tidak diperlukan. Tetapi serangan kedutan otot yang terus-menerus atau sering disertai dengan kram otot merupakan indikasi penyakit neurologis dan memerlukan perhatian medis.

Penafian: Informasi yang diberikan dalam artikel ini semata-mata untuk mendidik pembaca. Hal ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat ahli medis.