Kaki Sakit Saat Berbaring

Kaki yang pegal saat berbaring merupakan masalah umum yang dialami sebagian besar orang di seluruh dunia, terutama para lansia.

Kaki yang sakit, seperti yang saya katakan, adalah masalah umum pada kebanyakan orang, terutama orang dewasa yang lebih tua. Olahraga, kegiatan rekreasi, bekerja di kantor atau di sekitar rumah, bepergian, dll., adalah beberapa penyebab umum nyeri kaki. Masalahnya biasanya mengacu pada rasa sakit yang terjadi di suatu tempat antara panggul dan tumit.

Dalam beberapa kasus, nyeri punggung bawah dan kaki yang sakit mungkin berhubungan satu sama lain, karena rasa sakit di punggung mungkin menyebar ke kaki orang tersebut. Beberapa orang mungkin mengalami sakit kaki saat berbaring tiba-tiba, sementara beberapa orang mengalami masalah secara bertahap. Rasa sakitnya bisa tumpul, tajam, menusuk, kesemutan, atau bahkan mungkin nyeri kaki yang berdenyut.

Penyebab Kaki Sakit

Seperti yang telah saya sebutkan, sakit kaki biasa terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Seiring bertambahnya usia, massa otot semakin berkurang, sehingga menimbulkan rasa lelah dan nyeri pada kaki. Selain faktor fisik yang disebutkan di atas, ada kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan kondisi ini. Ini termasuk

  • Tendinitis Achilles
  • cedera ACL
  • Bekuan darah (tromboflebitis)
  • Kanker tulang
  • Patah kaki
  • Bursitis lutut (biasanya penyebab nyeri kaki di belakang lutut)
  • Trombosis vena dalam (DVT)
  • Fibromyalgia
  • Encok
  • Cedera hamstring
  • Disk hernia
  • Kram kaki di malam hari
  • Kram otot
  • Osteoartritis
  • Neuropati perifer
  • Peradangan flebitis
  • Plantar fasciitis
  • Cedera ligamen cruciatum posterior
  • Ruptur tendon tibialis posterior
  • Artritis reumatoid
  • Linu panggul
  • Shin splints
  • Keseleo dan ketegangan
  • Fraktur stres
  • Tendinitis
  • Meniskus robek
  • Serangan iskemik transien (TIA)
  • Pembuluh mekar

Kondisi ini biasanya menjadi penyebab nyeri kaki kronis. Sekarang mari kita lihat apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Cara Meredakan Sakit Kaki

  • Isi wadah besar dengan air panas, dan tambahkan 2 sendok teh garam Epsom ke dalamnya. Celupkan kaki Anda ke dalam air selama 15-20 menit. Karena garam kaya akan magnesium, garam membantu mengurangi nyeri kaki di malam hari. Lakukan ini sebelum tidur jika kaki Anda sering sakit di malam hari saat tidur.
  • Pijat kaki menggunakan minyak kelapa atau mustard selalu menjadi obat yang efektif untuk mengatasi kaki dan kaki.
  • Bahan lain untuk dipijat adalah campuran minyak kapur barus (10 g) dan minyak mustard (200 g). Tempatkan campuran di bawah matahari, untuk membantu melelehkan kapur barus. Setelah itu, berikan pijatan pada kaki Anda selama 15 – 20 menit. Pijat bekerja dengan baik jika Anda memiliki orang lain untuk melakukannya untuk Anda.
  • Postur tubuh yang tepat juga diperlukan untuk mengurangi nyeri kaki. Saat berdiri, pastikan berat badan Anda seimbang pada kedua kaki. Alas kaki yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab utama nyeri kaki pada banyak orang. Pastikan sepatu yang Anda kenakan memiliki bantalan yang cukup, dan pas untuk kaki Anda. Pemakaian sepatu yang longgar menyebabkan kaki terpelintir dan berputar dengan cara yang tidak semestinya, yang menyebabkan peradangan dan nyeri. Juga sepasang sepatu datar direkomendasikan di atas sepatu hak tinggi.
  • Rendam kain lap dalam air hangat dan letakkan di kaki yang sakit untuk beberapa saat. Ulangi dengan kaki lainnya.
  • Hindari aktivitas yang memperparah rasa sakit, tetapi jangan sampai tidak bergerak sama sekali. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang latihan yang dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas.
  • Diet juga merupakan hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi sakit kaki. Dokter merekomendasikan makan 5-6 kenari setiap pagi, dengan air. Juga menambahkan minyak ikan cod ke salad dan makanan lainnya juga memberikan banyak bantuan dalam mengobati kondisi kaki yang sakit. Selain itu, itu juga akan membantu dalam penyembuhan kelemahan umum dalam tubuh.
  • Salah satu tip terakhir untuk mengurangi sakit kaki adalah minum segelas air yang dicampur dengan biji fenugreek kering setiap pagi, saat perut kosong. Benihnya mungkin terlihat sederhana, tetapi mereka telah dikenal melakukan keajaiban dalam menyembuhkan rasa sakit.

Pengobatan rumah di atas bekerja dengan baik untuk kaki yang sakit, jika penyebab kondisinya ringan. Namun, jika masalahnya memiliki beberapa kondisi medis yang mendasarinya, maka mengobatinya mungkin satu-satunya cara untuk mengatasi rasa sakit. Jadi, jika Anda melihat bahwa pengobatannya tidak membantu, temui dokter Anda sesegera mungkin.