Gejala Sindrom Piriformis

Piriformis adalah otot yang terletak di daerah pinggul. Mari kita lihat penyebab dan gejala selanjutnya diikuti dengan tindakan pengobatan untuk menyembuhkan kondisi yang menyakitkan ini.

Saraf sciatic adalah saraf panjang yang membentang dari punggung bawah (daerah pinggul) melalui bagian belakang kaki dan kaki dan terutama bertanggung jawab untuk sensasi di bagian ini. Piriformis adalah jenis otot yang terletak di daerah pinggul yang dapat menyebabkan kompresi saraf sciatic yang menyebabkan sindrom piriformis. Sindrom ini adalah gangguan neuromuskular yang terkait erat dengan linu panggul (radang saraf sciatic) dan juga disebut sebagai pseudosciatica, wallet sciatica, dan neuropati soket pinggul.

Penyebab

Tidak ada bukti yang jelas mengapa otot ini menyebabkan kompresi. Dikatakan telah dihasilkan karena kejang atau pembengkakan otot piriformis dan kadang-kadang kekakuan sendi sakriolic. Rasa sakitnya terutama mengarah ke satu sisi, meskipun bisa juga mengenai kedua sisi. Yuk simak juga gejala dan pengobatannya. Perawatan termasuk latihan yang tepat dan peregangan bersama dengan beberapa obat penghilang rasa sakit dan konsumsi obat anti-inflamasi.

Gejala

Gejala sindrom piriformis sangat mirip dengan linu panggul tetapi rasa sakitnya sangat jelas di dekat daerah bokong.

  • Mati rasa pada kaki atau kaki dan bokong
  • Sensasi kesemutan di kaki dan punggung
  • Sensasi tertusuk jarum dan tertusuk di punggung bawah atau kaki
  • Sensasi terbakar di punggung bawah atau bokong
  • Nyeri di kaki, punggung bagian bawah dan terutama daerah panggul
  • Sakit saat duduk
  • Kelemahan

Peregangan

Latihan sangat penting untuk menyembuhkan sindrom piriformis. Latihan pada dasarnya termasuk memperkuat otot-otot di punggung dan perut dengan crunch perut, curl down, dan ekstensi punggung. Peregangan sindrom piriformis adalah yang terbaik karena mereka menargetkan otot pinggul yang menjadi tegang dan tidak sefleksibel yang seharusnya. Latihan peregangan hamstring adalah peregangan paling umum yang direkomendasikan oleh dokter untuk menghilangkan rasa sakit.

Peregangan punggung terutama menargetkan punggung bawah tubuh di mana sebagian besar saraf siatik terkonsentrasi dan dengan demikian membantu mengurangi rasa sakit. Peregangan paha dan kaki yang sederhana juga dapat membantu. Latihan peregangan lain yang sangat direkomendasikan adalah latihan peregangan otot Piriformis karena saraf linu panggul berjalan di sepanjang (atau di belakang) otot ini. Semua latihan ini dapat dengan mudah dilakukan di rumah karena tidak memerlukan peralatan yang mahal. Namun, latihan perawatan yang sebenarnya tergantung pada penyebab rasa sakit. Mari kita lihat beberapa latihan umum.

Latihan Perawatan

Latihan 1

Duduk di kursi dengan punggung lurus. Pertahankan pergelangan kaki kiri Anda di lutut kanan dan tekuk ke depan dan tahan diri Anda dalam posisi itu selama beberapa detik. Ulangi hal yang sama untuk kaki lainnya juga. Ini akan meningkatkan fleksibilitas otot pinggul Anda dan memberikan kelegaan. Ini adalah olahraga yang paling direkomendasikan oleh dokter.

Latihan #2

Dalam posisi berdiri, tekuk setiap sisi kaki, satu per satu, jaga jarak 2 kaki. Regangkan sebanyak yang Anda bisa. Ini efektif untuk nyeri kaki serta pereda nyeri bokong.

Latihan #3

Duduk di lantai dengan kaki rapat, jari kaki serasi dan punggung lurus. Jaga tangan Anda di atas lutut dan coba tekan lutut Anda lebih dekat ke lantai. Ini akan membuat peregangan di daerah paha bagian bawah.

Latihan #4

Berbaringlah di kasur dan tekuk lutut Anda. Cobalah untuk menariknya sedekat mungkin ke dada. Tahan mereka dalam posisi itu selama beberapa waktu hingga terentang dengan benar.

Latihan #5

Jaga lutut yang sakit di bawah batang tubuh Anda dan rentangkan kaki lainnya lurus ke belakang bagasi. Condongkan tubuh ke depan sehingga regangan terasa dan tahan dalam posisi itu selama beberapa waktu. Yang satu ini memberikan pereda nyeri untuk bokong.

Latihan #6

Berbaring di lantai. Jaga agar kaki yang sakit tetap bersilangan dengan kaki lainnya dan tarik ke luar sehingga terasa regangan. Tahan posisi itu.

Jadi setelah mengetahui gejala, penyebab dan pengobatannya, Anda tidak perlu khawatir. Latihan sindrom piriformis terbukti efektif dalam jangka panjang sehingga Anda perlu melanjutkannya dan beristirahat secara bersamaan. Saya harap latihan ini akan membantu Anda menghilangkan rasa sakit.