Diet Kolesterol Tinggi

Pada artikel di bawah ini, Anda akan mempelajari apa yang disebut diet kolesterol tinggi. Namun, kami juga akan memberi tahu Anda daftar makanan yang tinggi kolesterol, dan yang rendah. Informasi ini akan membantu Anda mengabaikan diet kolesterol tinggi sendiri. Baca terus…

Apa itu kolesterol tinggi dan rendah? Apa itu kolesterol baik dan jahat? Berapa kadar kolesterol yang ideal? Pertanyaan yang biasa, bukan? Apakah Anda tahu jawabannya? Jika tidak, penting bagi Anda untuk mengetahui jawaban-jawaban ini, sebelum kita melanjutkan. Diberikan di bawah ini, adalah bagan yang memberi tahu Anda bagaimana kadar kolesterol dibedakan. Setelah itu, kami memberi tahu Anda apa perbedaan antara kolesterol baik dan jahat. Kesadaran tentang ini, tidak hanya akan membuat Anda mendapat informasi yang baik, tetapi juga di sisi yang lebih sehat. Berikut adalah penjelasan rinci tentang diet kolesterol tinggi, dan bagaimana Anda harus merencanakan diet Anda, jika Anda menderita kadar kolesterol tinggi.

Kadar Kolesterol

Diberikan di bawah ini adalah grafik yang menunjukkan tiga tingkat kolesterol utama. Jika kadar kolesterol Anda kurang dari 200 mg/dL, Anda berada di sisi yang lebih aman, dan memiliki lebih sedikit kemungkinan masalah jantung atau penyakit koroner. Antara 200 mg/dL dan 239 mg/dL, Anda berada di suatu tempat yang dekat dengan kadar kolesterol tinggi, dan harus segera mengambil tindakan untuk mengembalikan kadar ini di bawah 200 mg/dL, sesegera mungkin. 240 mg/dL dan apa pun di atas itu, adalah tingkat kolesterol tinggi, alasan yang harus diperhatikan. Di sini, Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada diet kolesterol tinggi yang biasa Anda lakukan dan merencanakan diet dengan makanan yang membantu menurunkan kolesterol.

 Tingkat Kolesterol Total

200 mg/dL atau Kurang

Tingkat ini akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami masalah jantung dan penyakit jantung koroner. Seseorang tidak perlu khawatir tentang kadar kolesterol ketika dia berada di dalam batas ini.

200 hingga 239 mg/dL

Perbatasan

Di atas 240 mg/dL

Tingkat ini adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena ini adalah tingkat kolesterol tinggi. Seseorang melipatgandakan peluangnya mengalami masalah jantung dan penyakit jantung koroner jika kadar kolesterolnya berada di atas 240 mg/dL.

Kolesterol ada dua jenis, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. LDL (Low Density Lipoprotein) disebut kolesterol jahat, karena berjalan ke dinding arteri, dan mulai membentuk plak melalui proses tertentu. Ini bisa berkali-kali pecah, dan mengakibatkan pembekuan darah dan/atau produksi stenosis arteri. Jika ini terjadi dengan intensitas yang besar, dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Di sisi lain HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik, karena mampu menghilangkan kolesterol dari ateroma, di dalam arteri dan membawanya kembali ke hati untuk digunakan kembali, atau untuk ekskresi. Singkatnya, jika Anda memiliki kadar HDL yang tinggi, Anda memiliki lebih sedikit kemungkinan masalah jantung, dan jika Anda memiliki kadar LDL yang tinggi, Anda memiliki lebih banyak kemungkinan penyakit koroner.

Makanan yang Harus Dihindari

Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kadar LDL tinggi, Anda berada dalam masalah. Diet tinggi kolesterol tidak baik, dan harus benar-benar dihindari. Tapi ada makanan yang bisa menggantikan ini, menjadi lebih baik. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari, jika Anda sudah memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini adalah daftar makanan kolesterol tinggi, yang harus dilarang keras untuk Anda jika Anda adalah pasien kolesterol. Meski Anda tidak memiliki masalah dengan kolesterol, makanan ini tetap harus dikonsumsi dalam batas. Berikut adalah daftar makanan yang dianggap paling berbahaya. Lihatlah!

  • Daging Sapi – 3100
  • Babi – 2552
  • Telur utuh – 2017
  • Kuning telur – 2335
  • Domba – 2504
  • Daging Sapi – 3100
  • Bebek dan angsa – 515
  • Minyak ikan (herring) – 766
  • Minyak ikan (sarden) – 710
  • Ikan putih – 439

* Angka dalam angka menunjukkan Kolesterol (dalam mg/100 g)

Terlepas dari daftar makanan tinggi kolesterol ini , Anda juga harus mencoba menghindari makanan berikut yang cukup tinggi kolesterolnya, dan tetap menjadi bagian dari diet kolesterol tinggi.

  • McMuffin Telur MacDonald
  • Sarapan Besar MacDonald
  • Orak-arik Telur MacDonald
  • Krim keju
  • Dunkin Donuts Bagel, bacon & keju
  • Ayam
  • Keju cheddar
  • domba
  • Kue bolu
  • Mentega

Makanan untuk Dimakan

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, Anda harus mengonsumsi makanan penurun kolesterol alami, untuk membantu menurunkan kadar Anda secara alami. Makanan yang mengandung serat larut, asam lemak omega-3 dan protein kedelai membantu mengurangi kadar kolesterol. Anda juga dapat mengambil daftar makanan rendah kolesterol dari dokter atau ahli gizi Anda sebelum merencanakan diet Anda. Berikut adalah daftar makanan penurun kolesterol yang dapat Anda sertakan dalam diet Anda.

  • kacang almond
  • Kacang kacangan
  • kenari
  • Apel
  • Oatmeal yang dimasak
  • Ikan salmon
  • Minyak zaitun
  • Tahu
  • Bluberi
  • Kol bunga
  • yogurt
  • Stroberi
  • Anggur
  • Bayam
  • Bawang putih
  • kubis
  • Seledri
  • Bawang

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang kadar kolesterol, dan makanan yang menurunkan kadar ini, Anda dapat sepenuhnya menghindari diet tinggi kolesterol. Makan sehat adalah solusi terbaik untuk hampir semua masalah kesehatan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda, dan rencanakan diet sehat untuk diri Anda sendiri sesegera mungkin. Anda tidak hanya akan menurunkan kadar kolesterol Anda dengan itu, tetapi juga akan memiliki tubuh yang bugar dan sehat.