14 Solusi untuk Balita Berat Badan Anda

Ada banyak alasan mengapa beberapa anak kekurangan berat badan. Genetika, perubahan pertumbuhan, atau terkadang peningkatan tinggi badan yang mendahului kenaikan berat badan adalah beberapa penyebab balita kurus. Tentu saja, ada sejumlah solusi untuk mengakhiri dilema ibu.

Video: 10 Tips Membantu Balita Menambah Berat Badan

Sebagai orang tua, Anda pasti khawatir tentang kebiasaan makan anak Anda serta pertumbuhan dan perkembangannya. Dan kemungkinan besar, Anda agak cemas untuk mengetahui apakah dia memenuhi tonggak perkembangannya atau tidak. Banyak balita sangat rewel dalam hal makan makanan sehat dan diet yang tidak seimbang menyebabkan bayi kurus.

Jika anak Anda kekurangan berat badan, ia mungkin tidak mendapatkan cukup kalori yang dibutuhkan untuk usianya. Pada tahap ini, ia harus makan makanan bergizi untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangannya kembali ke jalurnya.

PERHATIKAN: Tips Menambah Berat Badan untuk Bayi oleh Dr Varsha Saxena

Ketahui Kapan Seorang Anak Dianggap Kurang Berat Badan dan Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Membantunya Menambah Berat Badan:

  • Seorang anak dikatakan kurus jika berat badannya kurang dari persentil ke-3 dari beratnya pada grafik pertumbuhan.
  • Beri anak Anda diet tinggi protein yang meliputi telur, daging, protein kedelai, dan kacang-kacangan.
  • Sertakan makanan kaya karbohidrat dalam dietnya, seperti roti gandum, pasta, dan chapatis.
  • Buah-buahan berkalori tinggi, seperti pisang dan mangga, juga bisa diberikan kepada anak-anak. Anda bisa memberikan minuman tambahan berkalori tinggi untuk picky eater.
  • Saat anak tumbuh, Anda akan melihat peningkatan kesehatannya.

6 Solusi Bantu Balita Menaikkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Berikut adalah solusi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membantu balita Anda menambah berat badan.

1. Ciptakan Suasana Santai Saat Makan

Paling sering anak-anak terganggu oleh televisi, panggilan telepon, atau komputer saat makan. Ketika ada terlalu banyak gangguan, Anda sendiri mungkin merasa terburu-buru, yang juga memberi tekanan pada bayi Anda untuk makan. Terkadang anak Anda juga menolak makan dalam situasi seperti itu. Menciptakan suasana damai membantu Anda dan anak Anda berkonsentrasi pada tugas yang ada.

2. Tetapkan Rutinitas Waktu Makan Anak Anda

Mempertahankan rutinitas yang teratur untuk waktu makan sangat penting bagi anak Anda untuk jatuh ke dalam pola makan yang teratur. Memantau jam dan memberinya makan secara berkala akan membantu penambahan berat badannya. Jika itu berarti menarik anak Anda dari waktu bermain, biarlah. Jangan lewatkan makan bahkan ketika Anda harus pergi keluar. Bawalah makanan ringan sehingga Anda dapat memberi makan anak-anak Anda pada waktu yang ditentukan.

3. Tingkatkan Asupan Kalori

Beberapa anak makan dalam jumlah yang sangat sedikit. Jadi ketika menambah jumlah makanan sepertinya tidak akan membantu, yang terbaik adalah memperkenalkan makanan berkalori tinggi untuk penambahan berat badan balita. Ini akan memastikan bahwa balita Anda mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat. Sertakan makanan seperti produk susu penuh lemak, krim keju, mayones atau puding yang terbuat dari susu.

4. Cobalah Suplemen Penambah Berat Badan untuk Anak-anak

Mungkin ide yang baik untuk memasukkan beberapa suplemen penambah berat badan dalam diet anak Anda untuk anak-anak yang kekurangan berat badan, terutama jika anak Anda memiliki nafsu makan yang kecil. Suplemen vitamin harus mencakup vitamin A, C, dan D dan harus diformulasikan secara khusus untuk kelompok usia mereka.

5. Coba dan Permudah Anak Anda Makan

Mengetahui apa yang disukai anak Anda dan bagaimana ia suka memakannya sama pentingnya dengan menentukan jenis makanan yang tepat untuk balita dengan berat badan kurang. Jika dia suka pisangnya dihancurkan, beri dia makan seperti itu. Kupas dan potong buah-buahan atau tumbuk makanannya agar lebih mudah baginya untuk makan. Sajikan juga hidangan favoritnya agar anak Anda menantikan waktu makannya.

6. Tawarkan Camilan tapi Yang Sehat

Camilan merupakan bagian penting dari diet balita. Makanan jari disukai oleh anak-anak dan ketika bayi Anda mengambil makanan jarinya sendiri, itu memastikan bahwa mereka memenuhi tonggak perkembangan mereka. Namun, berhati-hatilah dalam menawarkan camilan. Untuk meningkatkan berat badan pada balita, buatlah camilan sehat seperti granola bar, biskuit selai kacang, dan sereal bar. Oat adalah pilihan sehat untuk membuat camilan. Anda juga bisa memberikan jus buah kepada anak Anda, tetapi hindari minuman soda tersebut.

8 Makanan untuk Membantu Balita Menambah Berat Badan

Makanan memainkan peran utama dalam penambahan berat badan dan penurunan berat badan, apakah itu anak-anak atau orang dewasa. Jika balita Anda kekurangan berat badan, cobalah dan sertakan makanan ini dalam dietnya untuk membantunya menambah berat badan dengan cara yang sehat:

1. Kentang

Kentang

Seorang anak yang tidak makan kentang jarang ditemukan. Kentang adalah pilihan terbaik yang mendorong penambahan berat badan pada bayi. Asupan karbohidrat diperlukan untuk proses penambahan berat badan dan kentang adalah sumber karbohidrat yang optimal. Kentang juga mengandung asam amino yang mendorong penambahan berat badan pada bayi. Selain kentang, Anda juga bisa memasukkan sayuran bertepung lainnya ke dalam makanan bayi Anda.

2. Minyak Zaitun

 Minyak zaitun

Kita semua sadar akan manfaat makan minyak zaitun. Ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang menjadikannya tambahan yang sehat untuk diet Anda. Ini juga kaya akan antioksidan dan tinggi kalori. Tambahkan minyak zaitun ke salad balita Anda dan resep sehat lainnya.

3. Pisang

Pisang

Pisang juga menempati urutan teratas makanan sehat untuk menambah berat badan. Pisang mudah didapat dan Anda tidak perlu membuatnya. Menjadi kaya karbohidrat mereka membuat proses penambahan berat badan lebih sederhana pada bayi. Anda hanya perlu mengupas pisang dan memberikannya kepada balita Anda saat ia sedang asyik menonton acara kartun favoritnya. Untuk membuatnya lebih menarik tambahkan ke yoghurt atau dadih, campur beberapa buah lain juga dan berikan dalam bentuk puding.

4. Kacang

 Gila

Kacang adalah favorit di kalangan anak-anak. Yang harus mereka lakukan hanyalah mengambil beberapa dan mengunyah sambil bermain. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang mete, kacang tanah, biji labu, dan biji wijen kaya akan lemak, protein, dan serat. Sertakan kacang-kacangan ini dalam diet mereka setiap hari. Anda juga bisa memberi mereka badam halwa, atau memberi milkshake yang dihias dengan kacang ini.

5. Telur

 Telur

Telur lagi-lagi merupakan sumber protein yang baik dan mengandung vitamin A dan Vitamin B12. Telur dapat dimasukkan ke dalam makanan bayi pada usia delapan-sembilan bulan. Ada beberapa cara untuk memberikan telur kepada bayi Anda;
Anda bisa memberinya telur dadar, telur rebus, telur orak-arik, sandwich telur, dan sebagainya. Buatlah terlihat menarik sehingga bayi Anda tidak akan menyangkal memakannya.

6. Jaggery

Gula merah

Jaggery juga membantu dalam penambahan berat badan pada balita. Jaggery lebih baik daripada gula rafinasi dan kaya akan kalori. Ini juga banyak tersedia di India, jadi gunakan dalam jumlah yang banyak dalam rencana diet bayi Anda.

7. Alpukat

Alpukat

Alpukat adalah sumber yang kaya akan lemak vegetarian. Alpukat penuh dengan kalori, karbohidrat, protein, dan lemak, hampir semua hal yang mendorong penambahan berat badan. Ini adalah lemak mentega dan dapat digunakan untuk membuat saus, salad, dan tumbuk. Dan yakinlah karena anak-anak akan menyukai semua resep ini.

8. Buah-buahan

buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan terbaik untuk menambah berat badan yang sehat. Sertakan mangga, pepaya, nanas, dan sayuran kukus dalam makanan bayi Anda. Anda juga bisa menambahkan mentega ke sayuran kukus dengan bebas. Jika anak Anda menolak makan buah, Anda bisa menyiapkan salad buah dan menambahkan kacang ke dalamnya. Balita menyukai warna dan mereka akan memakannya tanpa rewel.

Penurunan berat badan tidak selalu merupakan tanda dari kondisi medis yang mendasarinya. Untuk membuat anak Anda makan, penting untuk membuat makan menjadi mudah dan menyenangkan bagi mereka. Cobalah resep penambahan berat badan ini untuk balita dengan berat badan kurang untuk hasil yang positif. Perhatikan: jika Anda terobsesi dengan berat badan Anda sendiri dan terus menghitung kalori itu, anak Anda akan dengan cepat memahaminya, yang dapat dengan mudah memengaruhi pola makannya sendiri!

Author: fungsi