Perbedaan Asam amino esensial dan non esensial

Protein adalah bagian dari setiap sel dalam tubuh Anda, karena ia membangun dan memperbaiki jaringan, termasuk kulit dan otot Anda, dan membuat zat-zat penting seperti antibodi dan insulin. Di luar peran fundamentalnya, salah satu hal paling menarik tentang protein adalah bahwa tubuh Anda menghasilkan ribuan protein berbeda hanya dari 20 asam amino. Semua 20 mengisi peran penting, tetapi mereka tidak semua merupakan bagian penting dari diet Anda.

Asam Amino Esensial

Asam amino esensial, yang juga disebut sangat diperlukan, adalah asam yang harus Anda dapatkan melalui makanan yang Anda makan karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya. Sembilan dari 20 asam amino itu penting, tetapi orang dewasa hanya perlu memperoleh delapan di antaranya: valin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, dan triptofan. Asam amino kesembilan – histidin – hanya penting untuk bayi. Tubuh Anda tidak menyimpan asam amino, sehingga dibutuhkan pasokan harian yang teratur dari bahan pembangun penting ini.Asam amino esensial

Asam Amino Non essential

Non essential adalah label yang sedikit menyesatkan karena asam amino ini sebenarnya mengisi peran penting, tetapi karena mereka disintesis oleh tubuh Anda, mereka bukan bagian penting dari makanan Anda. Namun, Anda masih bisa mendapatkan asam amino yang tidak penting melalui diet Anda. Perbedaannya adalah Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan cukup asam amino ini, karena tubuh Anda akan mengimbangi setiap celah dalam diet Anda. Alanin, asparagin, arginin, glutamin, tirosin, sistein, glisin, prolin, serin, aspartat, dan ornithine adalah asam amino non essential.Asam amino non esensial

Asam Amino kondisional

Dari 11 asam amino non esensial, delapan asam amino disebut kondisonal. Ketika Anda sakit atau di bawah tekanan yang signifikan, tubuh Anda mungkin tidak dapat memproduksi cukup asam amino ini untuk memenuhi kebutuhan Anda. Daftar asam amino kondisional meliputi arginin, glutamin, tirosin, sistein, glisin, prolin, serin, dan ornitin.

Persyaratan makanan

Anda memerlukan jumlah tertentu dari setiap asam amino esensial, tetapi jika Anda mendapatkan asupan protein total harian yang direkomendasikan – 46 gram setiap hari untuk wanita dan 56 gram untuk pria – dan makan berbagai makanan, Anda harus memenuhi persyaratan asam amino Anda. Makanan hewani disebut protein lengkap karena setiap sajian mengandung semua asam amino esensial. Makanan nabati – kecuali kedelai dan kuinoa, yang merupakan protein nabati lengkap – memiliki terlalu sedikit dari setidaknya satu asam amino esensial, sehingga mereka disebut protein tidak lengkap. Berbagai jenis protein yang tidak lengkap saling mengisi asam amino yang hilang, jadi makan berbagai biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran sepanjang hari jaring protein lengkap.

Perbedaan

Asam amino nonesensial dapat dibuat oleh tubuh, sedangkan asam amino esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga Anda harus mendapatkannya dari makanan. Anda harus memiliki semua asam amino sehingga tubuh Anda dapat membangun berbagai macam protein yang dibutuhkan. Protein dibutuhkan untuk perbaikan, pertumbuhan dan pemeliharaan sel.

Ada 11 asam amino non esensial: Mereka adalah arginin, glutamin, tirosin, sistein, glisin, prolin, serin, ornithine, alanin, asparagin, dan aspartat. Sembilan dari 20 asam amino itu penting, tetapi orang dewasa hanya perlu memperoleh delapan di antaranya: valin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, dan triptofan. Asam amino kesembilan – histidin – hanya penting untuk bayi.

Tabel perbandingan Asam amino esensial dan nonesensial

Perbedaan Asam amino esensial Asam amino non-esensial
Sintesis Tidak dapat disintesis dalam tubuh hewan Dapat disintesis dalam tubuh hewan
Didapat Ini harus diperoleh dari makanan (karena itu disebut sebagai asam amino esensial) Dapat disintesis di dalam tubuh (oleh karena itu disebut sebagai asam amino non-esensial)
Contoh valin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, dan triptofan Alanin, asparagin, arginin, glutamin, tirosin, sistein, glisin, prolin, serin, aspartat, dan ornithine

 

Related Posts