Pengertian Pati dan fungsinya

Pati adalah karbohidrat yang secara alami ditemukan dalam banyak biji-bijian dan sayuran, seperti gandum, jagung dan kentang, beras, kacang polong, kacang-kacangan, ubi kayu, ubi jalar, dan pisang dll.

Pati adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia dan kebanyakan dari kita mengkonsumsi makanan yang mengandung pati (biji-bijian dan sayuran) setiap hari karena kita membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi. Pati juga dapat diekstraksi dari semua sayuran dan biji-bijian ini untuk digunakan sebagai bahan makanan berkualitas tinggi yang terpisah atau untuk membuat bahan dasar pati lainnya.

Apa itu pati?

Pati (amilum) adalah karbohidrat yang diekstrak dari bahan mentah pertanian yang banyak terdapat dalam ribuan makanan sehari-hari dan aplikasi non-makanan. Ini adalah karbohidrat paling penting dalam makanan manusia.

Karena dapat diperbarui dan dapat terurai secara hayati, bahan ini juga merupakan bahan baku yang sempurna sebagai pengganti komponen bahan bakar fosil dalam berbagai aplikasi kimia seperti plastik, deterjen, lem dll.

Molekul pati terdiri dari sejumlah besar unit glukosa bergabung dengan ikatan glikosidik. Ini diproduksi oleh semua sayuran sebagai penyimpan energi.  Biasanya pati diekstraksi hampir secara eksklusif dari kentang, gandum, dan jagung.

Sumber alami pati

Pati adalah cadangan glukida tumbuhan. Pati ditemukan dalam jagung, gandum dan kentang dari mana itu diekstraksi, serta di banyak tanaman lain: beras, gandum, sayuran, ubi kayu, ubi jalar.

Pembentukan pati pada tumbuhan adalah melalui proses fotosintesis. Mekanisme fisiologis ini memungkinkan tanaman untuk memproduksi dan menyimpan glukosa (gula elementer) yang diperlukan untuk pertumbuhan dan reproduksi mereka.

Awalnya, tumbuhan menyerap karbon dari atmosfer dan mengubahnya menjadi glukosa, molekul dasar. Ini kemudian digunakan untuk sintesis polimer pati yang terkait dengan glukosa murni.

Seperti gambar “kalung mutiara”, setiap tumbuhan mengatur dan menyusun makromolekul glukosa dengan cara yang berbeda, jumlah unit glukosa yang dapat bervariasi dari 100 hingga 20.000 dalam setiap polimer. Pada tumbuhan, pati muncul sebagai butiran kecil, tidak larut dalam air dingin, ukurannya (antara 3 dan 100 mikron) dan bentuknya bervariasi sesuai dengan asalnya.

Industri pati memisahkan komponen-komponen tanaman: pati, protein, selulosa, fraksi yang mudah larut dan dalam kasus jagung, dan minyak yang akan diekstraksi. Fase pertama ini menggunakan serangkaian tahap sederhana pemisahan fisik komponen: penghancuran, pengayakan, dll …

Namun metode pembuatannya khusus untuk setiap pabrik dan peralatan industri biasanya didedikasikan untuk bahan baku (jagung, gandum atau kentang). Pada tahap kedua, pati yang telah diekstraksi dalam bentuk paling murni, akan digunakan sebagaimana setelah pengeringan (ini disebut “pati asli”) atau akan diproses lebih lanjut, mengalami berbagai transformasi yang bertujuan baik untuk memodifikasi kinerjanya ( “Modifikasi pati”) atau untuk mendapatkan pemanis melalui proses hidrolisis.

Pada akhir proses, pati dan produk turunannya dikirim ke industri pelanggan dalam bentuk bubuk (dengan penampilan yang mirip dengan tepung) atau sirup.

Fungsi

Suatu jenis karbohidrat kompleks, pati ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk kentang dan biji-bijian. Pati terurai menjadi glukosa dalam tubuh Anda, menyediakan sumber energi yang lebih bertahap untuk proses tubuh Anda daripada karbohidrat sederhana, seperti gula rafinasi. Karbohidrat, seperti pati, menyediakan sebagian besar bahan bakar untuk tubuh Anda, jadi karbohidrat merupakan bagian penting dari asupan kalori Anda.

Dalam hal fungsi diet, satu-satunya tujuan pati adalah berubah menjadi glukosa untuk digunakan sebagai energi bagi tubuh Anda. Glukosa adalah bentuk karbohidrat yang dapat digunakan untuk tubuh Anda. Glukosa beredar di seluruh tubuh Anda dalam aliran darah Anda, dan diambil oleh sel-sel dan digunakan sebagai sumber bahan bakar. Glukosa digunakan untuk memberi daya pada semua fungsi tubuh Anda, dan itu adalah sumber energi utama untuk otak dan sistem saraf Anda.

Pati resisten

Sementara sebagian besar pati dipecah oleh tubuh Anda menjadi glukosa, beberapa pati, yang dikenal sebagai pati resisten, tidak tercerna masuk ke dalam usus besar Anda. Pati ini berfungsi seperti serat makanan.

Pati resisten memberikan nutrisi untuk bakteri menguntungkan di usus besar Anda, menjaga mereka berkembang dan sehat. Ada empat jenis pati resisten. Yang pertama ditemukan di dalam dinding sel tumbuhan yang tidak bisa dicerna; yang kedua dianggap tidak bisa dicerna kecuali dipanaskan; yang ketiga kadang-kadang disebut pati bergradasi, karena waktu memasak yang panjang diikuti dengan periode pendinginan membuat mereka lebih sulit dicerna; dan yang terakhir adalah pati tahan industri. Jenis pati terakhir ini dimodifikasi secara kimia dan bukan pati alami.

Makanan Berat-pati

Makanan berat pati termasuk kacang-kacangan; sayuran bertepung, seperti kentang; dan biji-bijian, termasuk produk biji-bijian seperti roti dan sereal. Makanan ini juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral esensial, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Makanan tinggi pati resisten termasuk kentang mentah, pisang hijau dan pisang raja. Kentang, nasi, dan kacang-kacangan yang telah dimasak dalam waktu lama kemudian dibiarkan dingin juga mengandung pati yang tinggi.

Legum, sayuran bertepung dan biji-bijian juga secara alami tinggi serat makanan. Serat makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda, serta mengurangi efek sembelit, wasir dan diverticulosis. Kebanyakan orang tidak mengkonsumsi serat makanan yang cukup setiap hari.

Berapa Banyak Makan

Karbohidrat harus mencapai 45 hingga 65 persen dari total asupan kalori Anda setiap hari. Untuk diet 2.000 kalori per hari, itu berarti antara 225 hingga 325 gram karbohidrat per hari. National Health Service menyatakan bahwa untuk mendapatkan glukosa yang cukup dalam makanan Anda dari pati, sepertiga dari total asupan makanan Anda harus berasal dari makanan yang mengandung banyak pati. Namun, rekomendasi diet berbeda sesuai dengan kesehatan pribadi Anda. Jika Anda menderita diabetes atau kelebihan berat badan, konsultasikan dengan dokter untuk saran khusus.

Pengertian Pati dan fungsinya 1

Tinggalkan Balasan