Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Secara Alami Dengan Melakukan Yoga

Memiliki jumlah sperma yang rendah dianggap sebagai penyebab utama depresi dan kecemasan pada pria. Faktanya, infertilitas adalah penyebab utama masalah kesehatan mental bagi pasangan di seluruh dunia. Kabar baiknya adalah banyak perawatan medis dan alami dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan mobilitas sperma, yang pada gilirannya melawan infertilitas pada pria. Salah satu solusi alami yang paling diremehkan tetapi efektif untuk infertilitas adalah latihan yoga kuno. Di sini, kita akan membagikan beberapa informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah sperma Anda dengan bantuan yoga.

Bagaimana Yoga Membantu Meningkatkan Jumlah Sperma?

Sepasang suami istri melakukan yoga.

Yoga dapat memerangi infertilitas dan meningkatkan kesehatan mental dengan berbagai cara. Beberapa manfaat utama menjadikan yoga sebagai bagian dari hidup Anda untuk meningkatkan kesuburan diberikan di bawah ini:

  • Yoga meningkatkan peredaran darah dan mengencangkan tubuh. Sirkulasi darah yang tepat diperlukan untuk kesehatan sperma.
  • Yoga membantu merangsang kelenjar dan menghasilkan pelepasan hormon seperti testosteron yang penting untuk kesuburan.
  • Yoga dapat membantu menghilangkan stres. Stres dianggap sebagai penyebab psikologis utama infertilitas.
  • Kombinasi latihan kardiovaskular dan meditasi memastikan bentuk latihan ini meningkatkan kesehatan fisik, emosional, dan mental secara keseluruhan, yang dapat mengarah pada peningkatan mobilitas sperma dan produksinya.
  • Beberapa pose dalam yoga dapat membantu tidak hanya meningkatkan peredaran darah tetapi juga menyeimbangkan bahan kimia tubuh Anda, yang pada gilirannya menghasilkan lebih banyak sperma berkualitas baik.
  • Yoga juga dikenal dapat meningkatkan libido. Frekuensi hubungan intim diketahui meningkatkan peluang Anda untuk memiliki bayi.

Yoga bukanlah obat semalam untuk infertilitas; namun, jika dilakukan secara teratur dan efisien, ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki anak.

Mari kita lihat beberapa asana yoga yang dapat membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma.

Latihan Yoga Terbaik untuk Meningkatkan Jumlah Sperma

Berikut adalah beberapa asana yoga terbaik untuk meningkatkan jumlah sperma:

1. Agnisara Kriya

Agnisara Kriya

Ini dianggap sebagai salah satu pose tertua dan paling bermanfaat dalam yoga untuk kesehatan sperma.

Metode:

  • Berdiri tegak menjaga kaki Anda sedikit terpisah.
  • Tekuk ke depan dan letakkan telapak tangan di atas lutut.
  • Buang napas dengan mantap sambil menarik perut ke dalam.
  • Tahan napas Anda setelah menghembuskan napas selama 5 detik.
  • Kemudian, tarik napas dan biarkan perut Anda mengembang.
  • Ulangi 5 sampai 10 kali.

2. Surya Namaskara

Surya Namaskara

Surya Namaskar mencakup serangkaian pose yang membantu meningkatkan peredaran darah. Ini adalah latihan yang bagus untuk membuat tubuh Anda fleksibel dan kencang. Manfaat kesehatan secara keseluruhan dari asana ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma.

Metode:

  • Mulailah dengan berdiri tegak.
  • Regangkan punggung Anda dengan bersandar ke belakang.
  • Membungkuk ke depan tanpa melengkungkan punggung dan menyentuh jari-jari kaki.
  • Gerakkan satu kaki sejauh mungkin ke belakang sementara kaki lainnya membentuk sudut 90 derajat di antara telapak tangan.
  • Kemudian, gerakkan kaki kedua sejajar dengan kaki pertama dan masuk ke posisi papan.
  • Jatuhkan pinggul dan dada Anda ke tanah.
  • Dorong berat badan Anda menggunakan telapak tangan dan tekuk punggung Anda ke pose kobra.
  • Beralih ke pose anjing ke bawah dengan mengangkat pinggul dan menurunkan kepala sambil menjaga siku, punggung, dan lutut tetap lurus.
  • Bawa satu kaki ke belakang di antara telapak tangan Anda.
  • Bawa kaki kedua ke belakang di antara kedua telapak tangan.
  • Datang dengan menjaga punggung tetap lurus, dengan tangan terangkat.
  • Kemudian, perlahan-lahan turunkan lengan Anda dan kembali ke posisi berdiri.
  • Ulangi asana 12 kali lagi.

3. Kumbhak Asana

kumbhak asana

Asana ini tidak lain adalah pose papan dasar yang dapat membantu Anda mengencangkan otot perut dan membakar lemak perut. Tapi, itu juga bisa memiliki efek positif pada kesuburan Anda dengan meningkatkan kualitas sperma Anda.

Metode:

  • Berbaringlah tengkurap di atas matras yoga.
  • Jauhkan telapak tangan Anda di dekat dada Anda.
  • Dorong berat badan Anda ke atas dan seimbangkan telapak tangan dan kaki Anda.
  • Tetap selama setidaknya satu menit.
  • Ulangi 2 hingga 3 kali sehari.

4. Dhanurasana

dhanurasana

Pose ini sangat bagus untuk punggung, otot perut, lengan, dan otot paha. Ini meningkatkan peredaran darah dan dapat membawa peningkatan jumlah sperma secara keseluruhan.

Metode:

  • Berbaring di perut Anda.
  • Tekuk lutut di belakang punggung dan pegang pergelangan kaki dengan kedua tangan.
  • Perlahan angkat dada dan pinggul ke atas, hanya menyisakan perut di lantai.
  • Miringkan leher Anda ke belakang dan tahan selama mungkin.
  • Ulangi latihan ini 2 sampai 5 kali setiap hari.

5. Setubandhasana

setubandhasana

Ini adalah salah satu postur terbaik untuk membantu meningkatkan peredaran darah panggul dan meningkatkan mobilitas sperma Anda.

Metode:

  • Berbaring telentang di tanah.
  • Tekuk kaki Anda sehingga tumit Anda sedekat mungkin dengan bokong Anda.
  • Angkat panggul Anda dari lantai, jaga bahu dan punggung bagian atas tetap di lantai.
  • Tetap dalam pose ini selama 10 detik sambil bernapas dengan nyaman.
  • Setelah sepuluh detik, lepaskan dan perlahan-lahan turunkan pinggul Anda sehingga tulang belakang Anda menyentuh tanah dengan lembut mulai dari punggung atas. Jangan mendorong pinggul Anda langsung kembali ke tanah.
  • Ulangi asana 2 hingga 3 kali lagi.

6. Halasana

halasana

Ini adalah pose luar biasa lainnya yang dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan membawa beberapa peningkatan dalam mobilitas sperma dan jumlah sperma.

Metode:

  • Berbaring telentang.
  • Letakkan telapak tangan Anda di sebelah Anda di lantai.
  • Angkat kaki Anda ke sudut 90 derajat, jangan angkat pinggul Anda.
  • Tarik napas dan buang napas 3 kali dengan mantap, lalu angkat pinggul Anda dan coba tekuk punggung Anda sehingga jari-jari kaki menyentuh lantai di atas kepala Anda.
  • Tetap di posisi selama 5 hingga 10 detik.
  • Kemudian perlahan angkat kaki Anda lagi dan turunkan pinggul Anda.
  • Kemudian, turunkan kaki Anda.
  • Bersantai dan berbaring sebentar.
  • Anda dapat mengulangi asana 2 hingga 5 kali.

7. Ardha Matsyendrasana

ardha matsyendrasana

Pose ini juga bisa meningkatkan jumlah sperma dan mobilitas sperma. Ini adalah latihan yang bagus untuk pinggang dan punggung bawah.

Metode:

  • Regangkan kaki Anda lurus sambil duduk.
  • Angkat kaki kanan Anda dan letakkan di sisi kiri lutut kiri.
  • Putar tubuh Anda ke kanan dan pegang pergelangan kaki kanan Anda dengan tangan kiri.
  • Tekuk tangan kanan Anda di belakang punggung. Rentangkan lengan sejauh mungkin di sekitar tubuh Anda.
  • Tetap dalam posisi ini selama Anda bisa.
  • Ulangi latihan ini 2 hingga 4 kali lagi di setiap sisi.

8. Padmasana

padmasana

Salah satu pose yoga paling populer, padmasana dianggap sebagai anak poster yoga karena manfaatnya yang luar biasa.

Metode:

  • Duduk dalam posisi lotus.
  • Luruskan punggung Anda.
  • Angkat satu kaki, lipat dari lutut dan letakkan pergelangan kaki di dekat pinggul Anda.
  • Lakukan hal yang sama untuk kaki lainnya.
  • Bernapaslah dalam dan nyaman dan tahan pose selama mungkin.

9. Pranayama – Nadi Shodhan Pranayama

nadi shodhan pranayama

Salah satu penyebab utama kemandulan adalah stres. Pranayama membantu meringankan tingkat stres Anda.

  • Duduk dalam pose lotus dengan punggung lurus.
  • Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan.
  • Tarik napas melalui lubang hidung kiri.
  • Kemudian, dengan menggunakan jari manis tangan kanan Anda, tutup lubang hidung kiri dan tahan napas Anda selama 2 hingga 3 detik (lebih jika memungkinkan).
  • Lepaskan ibu jari dan hembuskan napas melalui lubang hidung kanan.
  • Ulangi langkah ini 5 hingga 10 kali setiap hari.

Tips yang Harus Diingat Sebelum Melakukan Yoga Asana

Ingat, melakukan yoga dapat bermanfaat hanya jika dilakukan di lingkungan yang terkendali. Berikut adalah beberapa tip yang perlu diingat saat melakukan pose untuk memastikan Anda tidak melukai diri sendiri dalam prosesnya:

  • Jangan terlalu memaksakan diri atau memaksakan diri ke posisi akhir sebuah pose, lakukan sebanyak yang Anda bisa dan perlahan-lahan bangun kemampuan tubuh Anda untuk menyelesaikan pose tersebut.
  • Jika Anda merasakan sakit yang tajam di tulang belakang, pinggul, atau persendian, segera cari bantuan medis. Yoga dapat menyebabkan nyeri otot pada tahap awal, yang normal. Tetapi, jika Anda merasa sakitnya tak tertahankan, bicarakan dengan praktisi kesehatan Anda.
  • Jika Anda baru pulih dari cedera, jangan berlatih yoga kecuali terapis fisik dan spesialis medis Anda meminta Anda melakukannya.
  • Pada awalnya, mintalah bantuan tutor yoga, agar Anda tidak melukai diri sendiri.
  • Ingatlah untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar.
  • Untuk tujuan kebersihan, lakukan yoga hanya di atas matras yoga Anda.
  • Lakukan yoga hanya di permukaan yang rata dan rata.
  • Hidrasi diri Anda dan jangan mengonsumsi makanan apa pun 2 hingga 4 jam sebelum rutinitas yoga Anda.
  • Sebisa mungkin, berlatihlah di pagi hari dengan perut kosong.

Yoga dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan umum siapa pun yang mempraktikkannya. Tapi, itu juga dianggap membantu meningkatkan jumlah sperma, mobilitas sperma, dan kesehatan ejakulasi. Melakukan yoga secara teratur dapat meningkatkan gairah seks Anda dengan meningkat
kan libido Anda juga. Namun, penting untuk diingat untuk melakukan yoga dengan cara yang aman, karena itu kita menyarankan Anda berbicara dengan profesional kesehatan medis Anda sebelum Anda memulai dan melakukan pose ini di bawah pengawasan instruktur ahli.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hindari mencoba menjangkau atau terlalu memaksakan diri saat melakukan pose ini. Aspek meditasi yoga sama pentingnya dengan pose itu sendiri. Karena itu, ingatlah untuk bernapas, bermeditasi, dan rileks. Melakukan yoga secara teratur akan mengurangi stres, yang akan membantu memerangi infertilitas yang disebabkan oleh stres psikologis. Yoga membantu kesehatan fisik dan mental, dan juga aspek fisik infertilitas. Juga, yoga harus dikombinasikan dengan diet sehat untuk memaksimalkan efeknya. Tiga puluh menit sehari harus menjadi cara yang baik untuk mulai melakukan yoga dan akhirnya membangunnya menjadi satu jam sehari.

Author: fungsi