10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Mencoba untuk Hamil

Kebanyakan pasangan, di beberapa titik dalam kehidupan pernikahan mereka, ingin memiliki bayi. Tapi, tidak semua pasangan bisa hamil saat pertama kali hamil. Mereka mencoba beberapa pilihan medis dan non-medis yang tersedia, termasuk mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa studi dan program penelitian telah membuktikan bahwa wanita tidak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang meningkatkan peluang pembuahan. Ada juga contoh ketika wanita sama sekali tidak menyadari makanan yang harus mereka hindari ketika mencoba untuk hamil. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita secara negatif dan menyebabkan gagal/tertundanya pembuahan.

Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Mencoba Hamil

Penting untuk mengetahui proporsi nutrisi yang tepat dan jadwal diet yang harus diikuti untuk kesehatan yang baik. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui makanan yang harus Anda hindari saat Anda mencoba untuk hamil. Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari jika Anda berencana untuk memiliki bayi.

1. Makanan Dengan Lemak Trans

Makanan dengan lemak trans.

Ya. Ucapkan selamat tinggal pada produk yang dipanggang seperti kue, kue kering dan biskuit, dan juga keripik, makanan cepat saji, permen, dll. jika Anda benar-benar ingin hamil. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan lemak trans secara langsung terkait dengan infertilitas pada wanita. Kaitannya sangat kuat sehingga hanya 2% tambahan asupan lemak trans setiap hari dapat memengaruhi kesuburan hingga 75%. Makanan ini tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi juga meningkatkan berat badan dan menghambat produksi insulin, sehingga mengganggu biokimia lengkap tubuh.

2. Air Tanpa Filter Langsung

 Air tanpa filter

Anda mungkin memiliki pasokan langsung air minum murni, dan Anda mungkin tidak menghadapi masalah kesehatan apa pun akhir-akhir ini. Tapi, air memang mengandung sejumlah bahan kimia yang digunakan untuk mengolahnya dan membuatnya layak untuk diminum, atau bahkan mungkin beberapa mikroba. Minum air seperti itu atau air apa pun dalam jumlah besar dapat menghilangkan banyak garam dari tubuh Anda. Yang terbaik adalah tetap menggunakan air yang disaring atau direbus setidaknya saat ini.

3. Makanan Dengan Gula atau Karbohidrat Tinggi

 Makanan Tinggi Gula

Untuk menjalani pola makan yang sehat, Anda harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi, tetapi ketika Anda sedang mencoba untuk hamil, Anda harus menghindari makanan tersebut, terutama saat Anda sedang mencoba hamil dengan PCOS. Gula halus dan karbohidrat yang ada dalam makanan tersebut terkena proses yang menghilangkan beberapa nutrisi penting yang penting dalam meningkatkan kesuburan. Juga, banyak gula dan karbohidrat akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh Anda, dan mempengaruhi ovarium, sehingga mengurangi peluang Anda untuk hamil. Pada wanita dengan PCOS, makanan dengan gula dan karbohidrat tinggi dapat menyebabkan penurunan sensitivitas insulin dan ketidakseimbangan hormon.

4. Makanan Berbasis Kedelai

Kacang kedelai dan susu

Kedelai memiliki manfaat kesehatan, tidak diragukan lagi. Tapi, ada kepercayaan lama bahwa wanita yang mencoba untuk hamil harus menjauhi kedelai. Ada senyawa tertentu yang ada di dalamnya yang berfungsi dengan cara yang sama seperti fungsi estrogen dalam tubuh wanita.

5. Minuman Bersoda

 Minuman bersoda

Saat mencoba untuk hamil, Anda juga harus menjauhi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula. Minuman tersebut memiliki tingkat pengawet, fruktosa dan penyedap buatan yang tinggi yang tidak baik untuk tubuh manusia. Mereka akhirnya menjadi racun bagi tubuh Anda untuk diproses dalam jumlah besar, tidak meninggalkan ruang untuk nutrisi yang sebenarnya untuk disintesis.

6. Makanan Mentah Tertentu

 kecambah mentah

Sayuran dan buah-buahan seharusnya menjadi teman terbaik Anda dan pendukung buta nutrisi. Itulah mengapa mungkin mengejutkan bagi banyak wanita ketika sayuran dan buah-buahan tertentu harus dihindari dalam bentuk mentah, terutama ketika mereka mencoba untuk hamil. Ini adalah sebagian besar kecambah mentah seperti moong, lobak, dll yang dapat membawa bakteri dan dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Makan makanan organik segar yang dimasak dengan baik adalah ide yang lebih baik untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

7. Kacang polong

Kacang polong

Percaya atau tidak! Anda harus menghindari makan kacang polong jika Anda ingin hamil. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang polong secara teratur memiliki tingkat pembuahan yang lebih rendah. Ini karena kacang polong, seperti kedelai, mengandung bahan kimia tertentu yang dapat menghalangi sperma membuahi sel telur dan cenderung berfungsi sebagai kontrasepsi alami.

8. Ikan

Ikan

Ikan rendah merkuri atau tanpa merkuri sangat bergizi dan direkomendasikan selama kehamilan. Anda harus mengikuti aturan yang sama ketika Anda mencoba untuk hamil. Dengan polusi air yang tinggi sepanjang masa, beberapa jenis ikan telah terdeteksi memiliki kadar merkuri yang tinggi, yang berbahaya bagi tubuh Anda. Namun, Anda dapat membatasi konsumsi ikan dan tetap berpegang pada varietas tertentu seperti salmon, cod, atau udang untuk menuai manfaat yang mereka berikan.

9. Telur

Telur yang dimasak.

Telur yang direbus dengan benar biasanya tidak menjadi masalah. Tapi, jika telur tidak dimasak dengan benar atau dikonsumsi mentah, Anda membuka tubuh Anda untuk kemungkinan terinfeksi virus salmonella yang secara langsung dapat mempengaruhi kemungkinan melanjutkan kehamilan Anda. Juga, sebagian besar telur mengandung antibiotik yang disuntikkan ke hewan. Karena itu, hindari makan telur atau tetap berpegang pada telur organik untuk sementara waktu.

10. Keju

Keju

Jangan khawatir; tidak perlu benar-benar menjauh dari makanan lezat ini. Hindari jenis keju yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, atau yang sudah matang dengan cetakan. Semua ini memiliki kemungkinan bakteri hadir di dalamnya. Jika Anda masih memilihnya, pastikan Anda memasaknya dengan baik sebelum memakannya.

Terkadang, sulit untuk menghindari godaan makanan atau menyerah pada satu hidangan favorit yang selalu Anda nikmati. Ketika Anda mulai mendapatkan pikiran-pikiran ini dan merasa hampir tidak mungkin untuk melewatkan kentang goreng keju itu, ingatlah bahwa ada makanan sehat yang dapat Anda isi perut Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi atau praktisi medis Anda untuk mendapatkan daftar makanan yang cocok untuk Anda makan. Namun, berikut adala
h beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari makanan yang tidak sehat dan mengidam.

Tips Menghindari Makanan Tidak Sehat Saat Mencoba untuk Hamil

  • Tetap Terhidrasi – Minum banyak air tidak hanya membuat Anda terhidrasi tetapi juga mengurangi keinginan untuk minum yang tidak sehat.
  • Rencanakan Makanan Anda – Merencanakan makanan Anda akan membantu Anda tetap pada pola makan dan jadwal. Cobalah menjadi bos yang ketat untuk diri sendiri dan hindari hari curang.
  • Istirahat yang Baik – Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap mengidam makanan yang tidak sehat adalah stres. Pastikan Anda beristirahat dengan baik untuk menenangkan pikiran dan meremajakan tubuh Anda.
  • Tetap Sibuk – Saat Anda tidak seharusnya makan apa pun, pastikan Anda tetap sibuk. Ketika Anda menjaga pikiran Anda sibuk, Anda tidak akan memiliki banyak mengidam makanan.

Hamil tidak semudah yang dibayangkan. Ada lebih dari sekadar hubungan intim, dan tubuh juga harus mampu mendukung anak. Mengetahui makanan yang harus dihindari untuk meningkatkan kesuburan dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Author: fungsi