Fungsi dan macam-macam lemak

Lemak adalah nutrisi yang memberi Anda energi. Lemak memiliki 9 kalori dalam setiap gram. Lemak membantu dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak A, D, E dan K. Lemak jenuh atau tidak jenuh, dan sebagian besar makanan dengan lemak memiliki keduanya. Tetapi biasanya ada lebih dari satu jenis lemak daripada yang lain. Molekul lemak tersusun atas unsur C, H, O dan P serta N. Lemak mempunyai sifat tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik (kloroform, eter, dan minyak tanah). Fungsi lemak antara lain:

  • Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K
  • Sebagai sumber energi
  • Melindungi tubuh dari gangguan fisik,
  • Penyedap makanan dan
  • Penahan rasa lapar.

Macam-macam lemak tercantum berikut ini.

  • Lemak sederhana, yaitu minyak
  • Lemak campuran, yaitu fosfolipid dan lipoprotein
  • Lemak asli, yaitu asam lemak dan sterol.

Lemak jenuh

Lemak jenuh berwujud padat pada suhu kamar, itulah sebabnya itu juga dikenal sebagai “lemak padat.” Sebagian besar makanan hewani, seperti susu, keju, dan daging memiliki lemak jenuh. Unggas dan ikan memiliki lebih sedikit lemak jenuh daripada daging merah. Lemak jenuh juga ada dalam minyak tropis, seperti minyak kelapa, minyak sawit, dan mentega coklat. Anda akan menemukan minyak tropis dalam banyak makanan ringan dan makanan non-susu, seperti krim kopi dan topping kocok. Makanan yang dibuat dengan mentega, margarin, atau mentega (kue, bolu, dan makanan penutup lainnya) memiliki banyak lemak jenuh. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol Anda.

Lemak trans

Ini adalah lemak yang telah diubah oleh proses yang disebut hidrogenasi. Proses ini meningkatkan masa simpan lemak dan membuat lemak lebih keras pada suhu kamar. Lemak yang lebih keras membuat kerupuk yang lebih renyah dan keping pai yang lebih halus. Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol Anda, jadi makanlah sesedikit mungkin lemak trans. Anda akan menemukannya di:

  • Makanan yang diproses.
  • Makanan ringan, seperti keripik dan kerupuk.
  • Kue.
  • Beberapa saus margarin dan salad.
  • Makanan yang dibuat dengan minyak pendek dan terhidrogenasi parsial.

Lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh berwujud cairan pada suhu kamar. Itu kebanyakan berasal dari minyak tumbuhan. Jika Anda makan lemak tak jenuh, bukan lemak jenuh, itu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda. Cobalah makan sebagian besar lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak tak jenuh.

macam-macam lemak
macam-macam lemak

Lemak tak jenuh tunggal: Lemak ini dikandung oleh alpukat, kacang, dan minyak sayur, seperti minyak kanola, zaitun, dan kacang. Makan makanan yang tinggi lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kolesterol LDL “jahat” Anda. Lemak tak jenuh tunggal juga dapat menjaga kadar HDL kolesterol “baik”. Ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung Anda. Tetapi mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tanpa mengurangi lemak jenuh mungkin tidak menurunkan kolesterol Anda.

Lemak tak jenuh ganda: Jenis lemak ini terutama dalam minyak sayur seperti kesumba, bunga matahari, wijen, kedelai, dan minyak jagung. Lemak tak jenuh ganda juga merupakan lemak utama yang ditemukan dalam makanan laut. Makan lemak tak jenuh ganda di tempat lemak jenuh dapat menurunkan kolesterol LDL. Dua jenis lemak tak jenuh ganda adalah omega-3 dan asam lemak omega-6. Asam lemak Omega-3 ditemukan dalam makanan dari tanaman seperti minyak kedelai, minyak kanola, walnut, dan biji rami. Mereka juga ditemukan dalam ikan berlemak dan kerang sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Ikan salmon, ikan teri, ikan haring, ikan sarden, tiram Pasifik, ikan trout, ikan tenggiri Atlantik, dan mackerel Pasifik tinggi dalam EPA dan DHA dan lebih rendah dalam merkuri. Asam lemak omega-6 banyak ditemukan dalam minyak nabati cair seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak safflower.

Lemak total

Total lemak termasuk lemak jenuh, tak jenuh ganda, dan tak jenuh tunggal.

Tinjau label kandungan nutrisi pada kemasan makanan untuk mempelajari lemak total, lemak jenuh, dan lemak trans. Label makanan tidak diperlukan untuk membuat daftar lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Loading...