Diet Tinggi Kalium

Kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi kelebihan jumlah mineral ini dalam darah dapat berdampak buruk pada fungsi jantung. Artikel berikut menyajikan daftar makanan kaya kalium dan juga daftar makanan rendah di dalamnya. Daftar tersebut dapat membantu Anda merancang diet yang tepat untuk diri Anda sendiri.

Mineral “kalium (simbol: K)” yang diperoleh dari sumber hewani dan tumbuhan, membantu menjaga keseimbangan air dan pH (asam/basa). Ini membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Ini memainkan peran penting dalam menurunkan kadar natrium juga. Ini membantu kontraksi otot, dan membantu mengirim impuls saraf ke seluruh tubuh. Itu mengawasi berbagai reaksi enzimatik. Jenis kerusakan jaringan tertentu dapat memaksa mineral ini dalam sel untuk masuk ke dalam aliran darah, dan ini dapat meningkatkan kadar kalium darah. Kondisi dimana kelebihan jumlah mineral ini mempengaruhi fungsi tubuh, termasuk fungsi jantung, dikenal sebagai hiperkalemia. Ini dapat menyebabkan detak jantung lambat, denyut nadi rendah, dan kelelahan. Penyakit tertentu memerlukan penggunaan mineral ini secara terbatas.

Mereka yang didiagnosis dengan hiperkalemia harus memasukkan makanan rendah kalium dalam makanan. Untuk mengatasi kekurangan mineral ini (hipokalemia), makanan tinggi kalium harus dimasukkan dalam makanan. Dalam kasus kekurangan tersebut, bahkan makanan tinggi natrium harus dihindari, karena makanan ini akan meningkatkan tingkat tekanan darah, dan akan menghancurkan semua manfaat yang diperoleh dari makanan kaya kalium. Makanan yang berperan sebagai diuretik, misalnya seledri, asparagus, dan melon juga harus dihindari, karena makanan tersebut dapat mengeluarkan mineral K dari tubuh. Instruksi yang berlawanan diberikan kepada orang-orang dengan tingkat K yang tinggi.

Makanan Kaya Kalium

Jenis makanan

Mineral K (dalam mg)

Jenis makanan

Mineral K (dalam mg)

Bayam

839

Alpukat

540

Blewah

494

Brokoli

456

Tomat

427

Artichoke

595

Akar bit

1309

Kubis Brussel

504

Lobak

573

kacang polong hitam

690

Kentang

1081

Labu

564

Salisfy

526

kedelai

886

Labu Musim Dingin

896

kastanye air

720

ubi

735

melon pahit

934

Bambu

640

Lobak Cina

970

Adas

828

Akar teratai

726

sawi hijau

1396

Akar talas

591

Aprikot (3)

814

pisang

467

Kismis

892

Tanggal (5)

542

Gambar (2)

542

Jambu biji

580

Pepaya (1/3)

781

Markisa

934

Kesemak

540

Pisang raja

893

Delima

678

Memangkas

707

kismis

544

Plum (2)

520

Remis

534

Kacang mete

812

Kacang pistasi

1331

Susu Kacang Adzuki

612

kacang navy

670

Yogurt hambar

625

Soba

782

biji gandum

1258

bibit gandum

1080

Pasta Gandum

800

Kacang putih

1309

kacang-kacangan

731

kacang pinto

800

Pasta Gandum

800

Makanan yang Dapat Mencegah Hiperkalemia

Jenis makanan

Mineral K (dalam mg)

Jenis makanan

Mineral K (dalam mg)

Apel dikupas

62

Saus apel, kalengan

80-90

Saus cranberi

36

Bluberi

65

lemon

80

Pir kalengan

83

nanas

88

Raspberry mentah

94

Semangka

93

jeruk

237

nanas

133

Stroberi

124

Jeruk keprok

132

Kecambah Alfalfa Mentah

13

kacang hijau

76

Kol bunga

125

Kubis

80

Tauge

70

Wortel dimasak

114

Collard dimasak

84

jagung dimasak

114

Endive mentah

79

Daun bawang dimasak

46

Selada

87

Bawang

124

Paprika mentah

89

Jagung meletus

20

Lobak

106

kubis

148

Seledri

171

Buncis

239

Ceri Manis (10)

152

Gejala hiperkalemia terlihat ketika kadar kalium dalam darah mencapai 7,0 mEq/liter. Tingkat yang lebih tinggi dapat menyebabkan kelemahan otot, mual, kelelahan, dan sensasi kesemutan. Dalam kasus yang parah, peningkatan kadar dapat menyebabkan detak jantung yang lambat dan denyut nadi yang lemah. Tes darah rutin membantu memantau kadarnya.

Tips untuk Menurunkan Kalium

  • Hindari pengganti garam karena mengandung unsur K.
  • Ramuan, rempah-rempah, dan campuran bumbu bebas kalium harus digunakan dalam memasak.
  • Batasi buah dan sayuran hingga 4 porsi (1/2 cangkir masing-masing) sehari.
  • Batasi susu (semua jenis susu, buttermilk, yogurt, dan es krim) hingga 1/2 cangkir sehari.
  • Batasi sayuran seperti asparagus, bit, kubis brussel, sawi hijau, jagung, dandelion hijau, kangkung, dll untuk satu porsi (½ cangkir).
  • Hindari sepenuhnya buah-buahan, sayuran, dan makanan dengan kalium yang sangat tinggi seperti permen cokelat, minuman, molase, kacang-kacangan, dll.

Biasanya, diet rendah natrium tinggi kalium dianggap sebagai diet sehat. Mengurangi asupan garam, meningkatkan asupan mineral K, menurunkan berat badan berlebih, meningkatkan aktivitas fisik, dan mengikuti diet sehat dan seimbang secara keseluruhan dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah. Orang dengan tekanan darah normal lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyakit jantung, stroke, atau penyakit ginjal.

Penafian: Artikel ini hanya untuk tujuan informatif, dan tidak boleh menggantikan saran dari seorang profesional medis.