11 Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Kesuburan

 

11 Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Kesuburan

Jika Anda berencana untuk memulai sebuah keluarga, maka Anda harus berlangganan beberapa majalah kehamilan atau parenting dan menjelajahi internet untuk mengumpulkan semua informasi yang ada tentang kehamilan. Sekarang setelah Anda memberikan pemikiran serius untuk membawa kehidupan baru ke dunia ini, inilah saatnya Anda mempersiapkan tubuh Anda untuk hal yang sama. Baik pria maupun wanita membutuhkan vitamin dan nutrisi penting untuk membuat bayi. Vitamin adalah bagian penting dari asupan nutrisi kita dan mereka memainkan peran yang sangat diperlukan dalam banyak fungsi tubuh, terutama kegiatan penting seperti prokreasi. Jika Anda mencoba untuk hamil, maka sebagai pasangan Anda mungkin ingin mempertimbangkan beberapa vitamin.

Tetapi sama seperti tubuh Anda perlu dipersiapkan untuk kehamilan dan membesarkan anak, Anda juga harus siap secara emosional dan psikologis untuk memiliki anak. Baik pria maupun wanita perlu mendapatkan banyak vitamin dan mineral untuk hamil. Berikut adalah beberapa vitamin dan nutrisi yang bisa mulai dikonsumsi pasangan agar bisa hamil. Namun, disarankan agar Anda meneliti dengan baik dan memahami manfaat dan efek samping dari mengonsumsi suplemen ini untuk membuat keputusan yang tepat.

Daftar Vitamin dan Mineral yang Membantu Meningkatkan Kesuburan

Vitamin dan mineral merupakan senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia agar berfungsi dengan lancar. Diet yang ideal harus terdiri dari semua nutrisi penting dalam jumlah kecil karena mereka tidak dapat disintesis dalam jumlah besar oleh tubuh. Jika mereka tidak dikonsumsi dalam makanan normal yang Anda makan, makanan dan suplemen yang diperkaya dapat membantu. Untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan, tetapi memasukkan vitamin dan nutrisi ini ke dalam makanan Anda adalah solusi termudah di luar sana.

1. Asam Folat

Ini adalah mutlak harus dimiliki bagi siapa pun yang ingin hamil. Asam folat, juga dikenal sebagai B9, adalah vitamin ‘superhero’ dalam kehamilan. Seorang wanita dalam usia reproduksi dan sedang mencoba untuk hamil harus mengkonsumsi 400 mcg asam folat dalam sehari. Ini adalah vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Ini adalah salah satu vitamin terpenting untuk kesuburan wanita dan menurunkan kemungkinan cacat tabung saraf (masalah pada sumsum tulang belakang bayi). Pria juga dapat mengonsumsi vitamin ini karena membantu mereka menghasilkan sperma yang lebih sehat. Asam folat tersedia dalam bentuk alami serta vitamin sintetis. Jika Anda mencari pilihan alami, Anda dapat memiliki buah jeruk, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau karena merupakan sumber asam folat yang baik. Untuk pasangan yang ingin hamil, wanita tersebut harus mulai mengonsumsi makanan kaya ‘asam folat’ setidaknya satu atau dua bulan sebelum kehamilan.

ASAM FOLAT

2. Vitamin D

Vitamin D dan kesuburan terkait erat; wanita dengan tingkat normal Vitamin D cenderung untuk hamil secara alami. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk hormon reproduksi. Vitamin D dapat ditemukan dalam produk susu yang diperkaya, salmon, mackerel, tuna, minyak ikan cod. Jalan-jalan sederhana di siang hari dengan pasangan Anda dapat membantu tubuh Anda mendapatkan sinar matahari, yang merupakan sumber vitamin D yang baik.

3. Seng

Seng adalah mineral penting untuk meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Seng meningkatkan kesehatan reproduksi wanita tetapi juga sama pentingnya bagi pria. Zinc membantu meningkatkan kualitas sperma dan motilitas sperma. Dosis harian zinc yang direkomendasikan untuk pria adalah 11 mg dan untuk wanita adalah 8 mg. Tiram mengandung seng yang tinggi, tetapi pasangan juga dapat mengonsumsi gandum utuh, susu, kacang polong, buncis, kepiting, dan lobster.

4. Besi

Kehamilan dapat melelahkan bagi seorang wanita dan dapat membuatnya anemia. Tetapi asupan zat besi dalam jumlah tinggi selama proses melahirkan dapat meningkatkan peluang seorang wanita untuk hamil dan membantunya memerangi anemia terkait kehamilan. Rendahnya kadar zat besi menyebabkan anemia dan juga berkontribusi pada rendahnya tingkat konsepsi. Jadi, jika Anda berencana untuk hamil, Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah zat besi yang tepat ke dalam tubuh Anda sebelum kehamilan. Seorang wanita harus menjalani tes yang diperlukan untuk memeriksa kadar zat besinya dan mengonsumsi suplemen yang cukup untuk menormalkannya. Zat besi membangun tingkat darah dalam tubuh dan membantu kesuburan dan juga menyeimbangkan ovulasi. Zat besi dapat ditemukan dalam daging, tomat, bit, brokoli, bayam dan labu dan juga dapat dikonsumsi sebagai tablet sintesis jika kadar zat besinya rendah.

BESI

5. Vitamin E

Vitamin E sangat penting untuk kesuburan pada wanita. Plus itu juga meningkatkan kualitas sperma pada pria. Penting juga untuk melindungi integrasi DNA sel telur dan sperma setelah pembuahan. Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel Anda, sehingga membuat pria dan wanita rentan terhadap infeksi. Pada pria, kadar vitamin E yang rendah dapat menyebabkan kerusakan testis sehingga mempengaruhi produksi sperma. Pada wanita, kekurangan vitamin E dapat mencegah ovulasi dan dengan demikian mempengaruhi kemungkinan hamil. Anda dapat meningkatkan asupan harian Anda dengan memasukkan berbagai jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu dalam makanan Anda. Anda juga bisa makan almond, hazelnut, dan selai kacang. Bahkan buah-buahan seperti kiwi dan mangga kaya akan vitamin E. Baik pria maupun wanita dapat mengonsumsi makanan ini untuk menambah asupan Vitamin E mereka. Namun, mengonsumsi suplemen Vitamin E tidak dianjurkan kecuali dan sampai disarankan oleh dokter.

6. Vitamin B

Semua vitamin dalam kelompok B sangat penting untuk reproduksi. Mereka termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), piridoksin (B6), dan sianokobalamin (B12). Kelompok Vitamin B sangat penting untuk pembuahan, terutama bagi wanita, karena membantu ovarium melepaskan sel telur di sekitar ovulasi. Vitamin B6 membantu menyeimbangkan kadar progesteron dalam tubuh wanita dan juga dapat meningkatkan fase luteal sehingga memastikan waktu yang tepat antara ovulasi dan menstruasi yang merupakan bagian integral dari kehamilan yang sukses. B12 telah dikenal untuk meningkatkan kualitas produksi sperma pada pria dan merupakan pengatur hormon. Semua unsur penting dari kelompok B dapat ditemukan dalam buncis, biji-bijian, sayuran hijau, tuna, pisang, kerang, kaviar, kembang kol, sawi, lobak dan telur.

7. Beta-Karoten

Tubuh manusia mengubah beta-karoten menjadi Vitamin A (retinol) yang sangat bagus untuk kulit dan rambut. Hal ini juga penting untuk penglihatan yang sehat, selaput lendir, dan untuk sistem kekebal
an tubuh. Untuk kehamilan, ini adalah pengatur hormon dan membantu mencegah keguguran. Ini dapat ditemukan berlimpah di wortel, melon, ubi jalar, kangkung, butternut squash, dan brokoli.

8. Asam Lemak Omega 3

Makanan super utama untuk kesuburan dan kehamilan, asam lemak omega-3 adalah keharusan mutlak. Ini membantu tubuh wanita untuk melepaskan sel telur, meningkatkan aliran darah ke rahim dan menyeimbangkan hormon. Tak hanya itu, pasca konsepsi ternyata bermanfaat untuk perkembangan otak dan IQ janin. Meskipun tidak semua vitamin mengandung asam lemak omega-3, seseorang dapat mengonsumsinya sebagai suplemen. Makanan kaya omega 3 termasuk biji chia, biji rami, ikan teri, herring, kenari, minyak ikan cod, minyak biji rami, sarden. Jika Anda tidak menyukai rasa ikan, Anda selalu dapat melengkapinya dengan tablet setelah berkonsultasi dengan dokter. Omega 3 mengandung dua asam yang sangat penting satu adalah DHA dan yang lainnya adalah EPA. Tingkat DHA yang rendah juga telah dikaitkan dengan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan hiperaktif pada anak-anak.

ASAM LEMAK OMEGA-3

9. Selenium

Antioksidan, ini pada dasarnya membantu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas yang dapat menghancurkan sel. Tingkat normal selenium meningkatkan motilitas sperma pada pria dan metabolisme estrogen pada wanita. Ini adalah sumber nutrisi yang kuat dan dapat ditemukan dalam kacang Brazil, sayuran berdaun, biji-bijian dan ikan.

10. Koenzim Q10

Mengambil suplemen ini membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Ini adalah senyawa seperti vitamin yang larut dalam lemak yang terjadi secara alami dalam tubuh manusia. Itu tidak diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga harus dikonsumsi dengan makanan. Ini adalah zat penting untuk fungsi sel. Ini meningkatkan kualitas embrio dan memiliki tingkat pembuahan yang tinggi pada wanita. Hal ini juga dikenal untuk meningkatkan jumlah sperma dan dosis harian yang direkomendasikan adalah 30-200 mg dibagi sepanjang hari. Ini dapat ditemukan dalam daging, ikan berlemak, biji-bijian.

11. L- Karnitin

Sumber energi mutlak untuk sperma dan pematangan sperma, itu adalah zat yang sangat penting untuk meningkatkan motilitas sperma. Ini adalah senyawa seperti asam amino yang memiliki fungsi utama menghasilkan energi. Ini ditemukan dalam jumlah tinggi dalam susu dan produk susu.

FAQ

1. Bisakah Anda Mengkonsumsi Suplemen Kesuburan untuk Membantu Pembuahan?

Ya, suplemen kesuburan dapat dikonsumsi untuk membantu pembuahan tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

2. Apa Suplemen Kesuburan Terbaik untuk Pria?

Meskipun mineral seng bekerja paling baik untuk meningkatkan motilitas sperma pada pria, mereka juga dapat menggunakan L-Carnitine dan L-Arginine untuk meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Jika Anda mencoba untuk hamil, mengonsumsi vitamin dan nutrisi yang disebutkan di atas akan membantu Anda memulai. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang sama, tetapi konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum memulai dengan vitamin dan mineral ini. Bicaralah dengan dokter Anda tentang dosis dan aman!

Author: fungsi