Pengertian dehidrasi

Dehidrasi adalah kekurangan air dalam tubuh akibat asupan cairan yang tidak memadai atau kehilangan berlebihan melalui keringat, muntah, atau diare.

Jika Anda mengalami dehidrasi, itu berarti tubuh Anda tidak mengandung air sebanyak yang dibutuhkan. Dehidrasi dikuantifikasi sebagai kehilangan 1% atau lebih besar dari berat badan sebagai akibat dari kehilangan cairan.

Bahkan tanpa keringat, pergantian air normal setiap hari adalah sekitar 4% dari total berat badan pada orang dewasa dan 15% dari total berat tubuh pada bayi. Pada orang dewasa 70kg, ini setara dengan 2,0-3,0 liter / hari. Pada bayi 7kg, ini setara dengan 1,0 liter / hari.

Dehidrasi dapat terjadi karena kehilangan terlalu banyak cairan, misalnya melalui konsumsi air yang tidak cukup, berkeringat, muntah atau diare.

Dehidrasi diklasifikasikan sebagai ringan, sedang atau berat – berdasarkan berapa banyak cairan yang hilang atau tidak diisi ulang.

Efek yang merugikan pada kinerja kognitif dan fisik diketahui sebanding dengan tingkat dehidrasi dan sangat signifikan pada dehidrasi 2% untuk semua fungsi mental mis. memori jangka pendek, efisiensi aritmatika, dan pelacakan visuomotor; kecepatan motor dan perhatian.

Urin digunakan sebagai indeks keseimbangan cairan dalam tubuh. Dalam upaya untuk menyederhanakan analisis urin, Dr. Lawerence Armstrong menerbitkan bagan warna urin pertama yang divalidasi pada tahun 1994. Skala 8 warna ini mencakup warna dari kuning pucat, warna jerami, (nomor 1) hingga warna hijau kecoklatan (nomor 8). Bagan ini adalah cara mudah untuk memantau status hidrasi Anda – jika warna urin Anda cocok dengan angka 1-3 pada bagan Anda terhidrasi dengan baik, jika warna urine Anda cocok dengan angka 7 atau lebih gelap Anda perlu minum cairan. Contoh bagan warna urin dapat ditemukan dalam publikasi “Performing in Extreme Environments” oleh Lawerence Armstrong PhD.

Tinggalkan Balasan