Perbedaan DNA linier dan sirkuler

Asam nukleat deoksiribosa (DNA) adalah bentuk utama bagaimana sebagian besar organisme menyimpan informasi genetiknya. Karenanya, struktur dan fungsi DNA sangat bermanfaat. DNA dapat ditemukan terutama dalam dua bentuk; bentuk linear dan bentuk sirkuler (melingkar). DNA linier adalah bentuk DNA yang ada dalam inti eukariotik dan terdiri dari dua ujung bebas. DNA sirkuler sebagian besar ditemukan pada prokariota, sedangkan mitokondria, kloroplas, dan plasmid juga mengandung DNA sirkuler. DNA sirkular ditemukan di sitoplasma sel prokariotik, di mitokondria atau di kloroplas. Perbedaan utama antara DNA linier dan sirkuler adalah konformasi struktural molekul. DNA linier mencapai konfigurasi terbuka dengan dua ujung bebas, sedangkan DNA sirkuler mencapai konformasi tertutup tanpa ujung bebas.

Apa itu DNA Linier?

DNA linier hadir dalam genom eukariotik di dalam inti sel. DNA linier terdiri dari dua ujung bebas, dan karenanya merupakan struktur terbuka. DNA linier dapat diisolasi dan dipisahkan pada media gel agarosa, meskipun karena bulkiness DNA, apusan akan diamati pada gel. Untuk mengisolasi dan memisahkan fragmen-fragmen DNA linier yang diinginkan, DNA dapat dipotong menggunakan restriksi endonuklease dan kemudian diamati pada gel run.

Proses replikasi DNA linier adalah proses yang jauh kompleks karena melibatkan banyak mekanisme. Replikasi berlangsung secara dua arah, di mana dua garpu replikasi terbentuk. DNA linier dapat mengandung banyak asal-usul situs replikasi, karena DNA linier jauh lebih panjang dan kompleks. Prosedur replikasi berlanjut sampai penghentian terjadi pada penyelesaian masalah terminasi akhir karena DNA linier terdiri dari urutan telomer.DNA linier

Apa itu DNA sirkuler?

DNA sirkuler adalah salah satu susunan konformasi dari DNA di mana ia mencapai struktur tertutup. DNA sirkular tidak memiliki ujung yang berbeda. DNA sirkuler ditemukan di hampir semua prokariota dengan beberapa pengecualian, di mitokondria dan kloroplas dari eukariota dan plasmid. DNA sirkuler terletak di sitoplasma sel prokariota. DNA sirkuler dapat eksis dalam berbagai bentuk termasuk bentuk superkoil dan bentuk DNA sirkuler sobek. Ketika DNA sirkuler diisolasi dan dipisahkan oleh elektroforesis gel agarosa, berbagai bentuk DNA sirkuler dapat menunjukkan sifat migrasi yang berbeda pada gel.

DNA plasmid juga disebut sebagai DNA sirkuler ekstrachromosomal yang ada di beberapa mikroorganisme telah terbukti memiliki manfaat besar di bidang biologi molekuler dan rekayasa genetika. Plasmid disintesis secara komersial dan digunakan sebagai vektor dalam kloning molekuler. Beberapa contoh vektor plasmid adalah pBR322, pUC18.

Replikasi DNA sirkular sangat bervariasi dibandingkan dengan DNA linier. Selama proses replikasi, hanya satu asal replikasi hadir, dan karena sifatnya yang melingkar, replikasi dapat berlangsung secara searah dengan pembentukan garpu replikasi tunggal.DNA sirkuler

Apa persamaan antara DNA linier dan sirkuler?

1. DNA linier dan sirkuler terdiri dari asam nukleat Deoksiribosa yang mengandung adenin, guanin, sitosin, dan nukleotida timin.
  2. DNA linier dan sirkular memiliki struktur heliks beruntai ganda.
  3. DNA linier dan sirkular menentukan karakteristik genetik organisme.
  4. Baik DNA linier dan sirkuler dapat dipisahkan menggunakan metode elektroforesis gel agarosa.
  5. Kedua bentuk DNA dapat diamplifikasi menggunakan teknik molekuler seperti Reaksi Rantai Polimerase.
  6. Baik DNA linier dan sirkular umumnya digunakan dalam diagnostik berbasis DNA dan dalam aplikasi dalam rekayasa genetika.

Apa Perbedaan Antara DNA linier dan sirkuler?

DNA linier dan sirkuler adalah dua bentuk utama bagaimana DNA didistribusikan masing-masing dalam sel eukariotik dan prokariotik. DNA linier ditemukan dalam inti eukariota dan terdiri dari dua ujung bebas dan urutan kompleks. DNA sirkuler ditemukan pada prokariota dan juga pada DNA mitokondria dan kloroplas yang memiliki konformasi tertutup. Kedua bentuk DNA digunakan secara luas dalam studi biologi molekuler dan rekayasa genetika. Inilah perbedaan antara DNA linier dan sirkuler.