Bagian Struktur tubuh Bakteri apa saja

Bakteri adalah satu-satunya anggota Kingdom Monera. Bakteri dikelompokkan dalam empat kategori berdasarkan bentuknya: Coccus bulat, Bacillus berbentuk batang, Vibrium berbentuk koma, dan Spirillum pirus. Dibandingkan dengan banyak organisme lainnya, bakteri sebagai suatu kelompok menunjukkan keragaman metabolisme yang paling luas. Mereka mungkin autotrofik fotosintesis atau autotrofik kemosintetik. Beberapa bakteri autotrofik, yaitu, mereka mensintesis makanan mereka sendiri dari substrat anorganik.  Sebagian besar bakteri adalah heterotrof, yaitu; mereka tidak mensintesis makanan mereka sendiri tetapi bergantung pada organisme lain atau pada bahan organik mati untuk makanan.

Struktur Bakterisebagai berikut:

(1) Kapsul:

Dalam sejumlah besar bakteri, ada kapsul berlendir di luar dinding sel. Ini terdiri dari polisakarida dan zat nitrogen (asam amino) juga ada. Lapisan lendir ini menjadi tebal, disebut kapsul. Bakteri, yang membentuk kapsul, disebut ‘bakteri kapulatif atau virulen. Kapsul ‘biasanya ditemukan dalam bentuk parasit misalnya, Bacillus, anihracis, Diplococcus pneumoniae, Mycobacterium tuberculosis.

(2) Dinding sel:

Semua sel bakteri ditutupi oleh dinding sel yang kuat dan kaku. Oleh karena itu, mereka diklasifikasikan di bawah tumbuhan. Di dalam dinding sel kapsul hadir. Ini terdiri dari polisakarida, protein dan lipid. Di dinding sel bakteri ada dua turunan gula penting yaitu, NAG dan NAM (N-asetil glukosamin dan asam N-asetil muramat) dan selain L atau D – alanin, D Asam-glutamat dan asam diaminopimelic juga ditemukan.

(3) Membran plasma:

Setiap sel bakteri memiliki membran plasma yang terletak di bagian dalam dinding sel. Ini adalah membran permeabel yang tipis, elastis dan berbeda atau selektif. Ini terdiri dari sejumlah besar fosfolipid, protein dan sejumlah polisakarida tetapi tidak memiliki sterol. Ini ditandai dengan memiliki enzim pernapasan.

(4) Sitoplasma:

Sitoplasma adalah cairan kompleks atau substansi semifluida (matriks) yang terdiri dari karbohidrat, protein larut, enzim, ko-enzim, vitamin, lipid, mineral. garam dan asam nukleat. Bahan organik dalam keadaan koloid. Sitoplasma berbentuk granular karena adanya sejumlah besar ribosom. Ribosom pada bakteri ditemukan ‘dalam bentuk polyribosome. Organelembranous seperti mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom dan vakuola tidak ada. Pada beberapa bakteri fotosintetik, membran plasma menimbulkan tylakoid vesikuler besar yang kaya akan bakterioklorofil dan protein.

(5) Nukleoid:

Ia juga dikenal sebagai genofor, nukleus telanjang, nukleus yang baru jadi. Ada DNA bahan nuklir yang ganda heliks dan bundar. Itu dikelilingi oleh beberapa protein khas (poliamina) tetapi tidak protein histon. Histon (protein dasar) sama sekali tidak ada bakteri. Inti baru atau inti primitif ini dinamai nukleoid atau genofor.

(6) Plasmid:

Selain kromosom DNA normal, banyak bakteri (mis., E.coli) memiliki elemen genetik atau DNA kromosom tambahan. Unsur-unsur ini disebut plasmid. Plasmid adalah molekul DNA untai ganda sirkuler kecil. DNA plasmid bereplikasi secara independen mempertahankan identitas independen dan dapat membawa beberapa gen penting. Istilah Plasmid diberikan oleh Lederberg (1952). Beberapa plasmid berintegrasi ke dalam kromosom DNA bakteri yang disebut episom.

(7) Flagella:

Ini adalah pelengkap protoplasmik yang halus, seperti benang, yang membentang melalui dinding sel dan lapisan lendir sel bakteri berflagel. Ini membantu bakteri untuk berenang dalam medium cair. Flagela bakteri adalah yang paling primitif dari semua organ yang dapat bergerak. Masing-masing terdiri dari fibril tipis tunggal terhadap struktur fibrilar 9 + 2 sel eukariotik. Flagel seluruhnya terdiri atas protein flagelin.

(8) Pili atau Fimbriae:

Selain flagella, beberapa pertumbuhan kecil atau kecil seperti rambut ada pada permukaan sel bakteri. Ini disebut pili dan terbuat dari protein pilin. Panjangnya sekitar O.5-2mm dan diameter 3-5mm. Ini adalah dari 8 tipe I, II, III, IV, V, VI, VII, dan tipe F. I ke F disebut pili kelamin. Ini ada di semua hampir semua bakteri gram -ve dan beberapa bakteri gram + ve. Fimbriae mengambil bagian dalam perlekatan seperti memegang bakteri pada permukaan padat. Fungsi pili tidak dalam pergerakan tetapi membantu dalam perlekatan sel-sel bakteri. Beberapa pili kelamin bertindak sebagai kanal konjugasi yang dilalui DNA dari satu sel masuk ke sel lainnya.