Apa manfaat Asam Lemak Omega-6

Asam linoleat adalah jenis asam lemak omega-6 yang paling umum, asam lemak tak jenuh ganda esensial yang berasal dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati olahan. Asam lemak omega-6 adalah bagian penting dari diet sehat. Mereka sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan metabolisme Anda.

Ada dua jenis utama asam linoleat:

Asam linoleat: bentuk paling umum dari asam lemak omega-6 yang biasa ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati

Conjugated linoleic acid (CLA): suatu bentuk terkonjugasi dari asam linoleat yang lebih umum ditemukan dalam makanan sumber hewani seperti daging dan produk susu

Asam linoleat dan asam linoleat terkonjugasi adalah serupa, tetapi mereka berperilaku berbeda dalam tubuh karena asal-usul yang berbeda dan perbedaan struktural yang kecil. Asam linoleat jauh lebih mudah diperoleh daripada asam linoleat terkonjugasi. Namun, asam linoleat terkonjugasi umumnya dianggap memiliki lebih banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Asam Lemak Omega-6

Asam linoleat dan asam lemak omega-6 lainnya sangat penting untuk kesehatan yang baik. Asam linoleat membantu menjaga kulit, saraf, sistem kekebalan dan reproduksi, serta berbagai fungsi tubuh lainnya. Asam linoleat bertindak sebagai prekursor, diubah menjadi asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang lainnya, termasuk asam arakidonat dan DGLA.

Asam lemak omega-6 dikaitkan dengan peningkatan kesehatan, dengan asam lemak seperti asam linoleat, asam arakidonat dan DGLA yang dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung. CLA, yang ditemukan dalam produk hewani seperti susu dan daging, telah terbukti mencegah penyakit seperti diabetes, hipertensi, kanker, dan sindrom metabolisme. Meskipun secara struktural mirip dengan asam linoleat, CLA memiliki beragam manfaat kesehatan yang lebih luas (seperti pengurangan kolesterol) yang membuatnya relevan secara klinis sebagai suplemen gizi.

Meskipun asam linoleat adalah asam lemak esensial, asam ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Terlalu banyak asam linoleat berarti akan ada terlalu banyak asam arakidonat dan asam lemak lainnya yang dikonversi, yang mengakibatkan terlalu aktifnya sistem tubuh tertentu. Misalnya, asam lemak omega-6 dikaitkan dengan fungsi sistem kekebalan tubuh – dan terlalu banyak dapat meningkatkan peradangan. Kelebihan konsumsi asam lemak omega-6 juga dikaitkan dengan obesitas.
Rasio Omega-3 dan Omega-6 yang sehat

Melihat makanan dengan asam linolenat dan asam linoleat menunjukkan kesamaan: Sebagian besar waktu, asam lemak ini ditemukan dalam makanan nabati. Selain itu, makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati biasanya kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Dalam banyak kasus, makanan ini mengandung lebih banyak asam lemak omega-6 dari pada asam lemak omega-3. Anda harus selalu mencoba memilih bahan-bahan yang memperkaya diet Anda dengan asam lemak omega-3 dan meminimalkan konsumsi asam lemak omega-6 Anda.

Sementara popularitas dan keterjangkauan makanan cepat saji menghasilkan konsumsi omega-6 yang lebih tinggi daripada asam lemak omega-3, sudah lama diketahui bahwa perbandingan spesifik omega-6 dengan omega-3 diperlukan untuk kesehatan yang baik. Idealnya, rasionya harus cukup kecil, tetapi ini bisa sulit jika Anda mengkonsumsi makanan khas Barat.

Menurut jurnal Biomedicine dan Farmakoterapi, mengurangi rasio asam lemak omega-6 dan omega-3 Anda bahkan dapat membantu masalah kesehatan. Omega-6 hingga omega-3 dalam kisaran 3-ke-1 atau 2-ke-1 telah terbukti membantu mengurangi peradangan pada orang dengan penyakit radang, sementara rasio 5-ke-1 bermanfaat untuk penderita asma. Sebaliknya, sebagian besar diet Barat memiliki rasio 15 banding 1 hingga 16,7 banding 1, dan rasio serendah 10 banding 1 dapat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda.

Belakangan ini, orang yang mengonsumsi makanan ala barat biasanya mengonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6, Anda dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu. Ini termasuk kanker, penyakit jantung dan penyakit autoimun, termasuk kondisi seperti penyakit radang usus dan rheumatoid arthritis. Tingginya jumlah asam lemak omega-6 dalam diet Barat adalah salah satu alasan mengapa suplemen omega-3 begitu populer.

Tinggalkan Balasan