Apa perbedaan Sistem saraf simpatis dan parasimpatis

Sistem saraf simpatis menghentikan semua sumber daya yang digunakan untuk fungsi yang tidak penting seperti makan, bereproduksi, dan buang air besar. Sistem saraf parasimpatis melakukan yang sebaliknya dan mengatur tubuh Anda kembali ke fungsi-fungsi yang tidak penting sehingga Anda kemudian dapat mempertahankan diri dan bereproduksi. Apa pun efek satu sistem akan memiliki sistem lain yang pada dasarnya melakukan sebaliknya.

Lokasi asal kedua sistem saraf berada di sumsum tulang belakang, tetapi mereka memiliki daerah asal yang berbeda. Sistem saraf simpatis berasal dari daerah toraks dan lumbar tulang belakang. Toraks berada di tengah punggung, dan pinggang adalah punggung bawah. Sistem saraf parasimpatik berasal dari daerah bawah medula spinalis (medio sakralis) dan medula oblongata (yang menghubungkan medula spinalis dengan batang otak).

Kedua sistem saraf mengandung jalur neuron yang menghubungkan neuron Anda (sel saraf) satu sama lain. Sistem saraf simpatik memiliki jalur neuron pendek dan sistem yang lebih cepat. Ini karena mereka harus bereaksi dengan cepat pada saat stres dan bahaya. Sistem saraf parasimpatik memiliki jalur neuron yang lebih panjang dan merupakan sistem yang jauh lebih lambat. Ini karena mereka tidak perlu bereaksi dengan cepat, dan perlu waktu lama untuk mengimbangi efek sistem saraf simpatik.

Sistem saraf simpatis meningkatkan detak jantung dan mengencangkan otot-otot Anda. Ini agar Anda bisa merespons dengan cepat terhadap stres dan bahaya yang dirasakan. Sistem saraf parasimpatis menurunkan detak jantung dan melemaskan otot-otot Anda. Ini agar Anda dapat mencapai homeostasis, dan tubuh Anda dapat berkonsentrasi pada kesinambungan dan reproduksi.

Sistem saraf simpatis menurunkan pergerakan perut dan produksi air liur Anda. Ini karena mereka dianggap tidak penting pada saat-saat bahaya. Ini juga mengapa ketika Anda sangat stres mungkin sulit untuk mencerna makanan Anda dengan baik karena tubuh Anda melepaskan banyak kortisol (hormon stres). Ini adalah salah satu hal yang harus Anda katakan pada diri sendiri mengapa Anda tidak harus makan keripik kentang ketika Anda stres. Tubuh Anda benar-benar memberi tahu Anda bahwa keripik itu tidak penting pada saat itu! Sistem saraf parasimpatik meningkatkan pergerakan perut dan produksi air liur Anda. Ini karena ketika Anda tidak dalam bahaya, tubuh Anda ingin Anda fokus untuk mempertahankannya dan meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup. Pada dasarnya, ketika Anda tenang dan bahagia, Anda dapat mengatakan pada diri sendiri bahwa tubuh Anda mendorong Anda untuk makan keripik kentang (tetapi tidak benar-benar)!

Sistem saraf simpatis menurunkan output urin Anda dan mengontrak sphincter Anda. Ini karena dianggap tidak penting, dan itu juga memberi makna baru pada frasa “lari terbirit-birit.” Tubuh Anda sebenarnya mengepal dalam ketakutan ketika Anda takut! Sistem saraf parasimpatis meningkatkan output urin Anda dan melemaskan sphincter Anda. Ini karena ketika Anda tidak berada dalam bahaya langsung, Anda harus melepaskan usus Anda untuk bertahan hidup. Ini juga mengapa ketika Anda berada di bawah banyak stres, mungkin sulit untuk pergi ke kamar mandi.

Sistem saraf parasimpatis tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda karena hanya menjalankan fungsi normal tubuh Anda. Hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk sistem saraf simpatik. Meskipun sistem ini dimaksudkan untuk membantu tubuh Anda pada saat dibutuhkan, sebenarnya ada saat-saat ketika sistem saraf simpatik dapat berbahaya. Tubuh Anda tidak seharusnya berada dalam keadaan “bertarung atau lari” terus-menerus sehingga berada dalam kondisi ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit stres kronis. Beberapa contohnya adalah tekanan darah tinggi, sembelit, kecemasan, dan penekanan sistem kekebalan tubuh.

Dengan masyarakat modern kita juga datang begadang semalaman dan sumber stres yang konstan. Kita menjadi bangsa yang dilanda insomnia dan stres sepanjang waktu. Penting untuk mencoba dan mengurangi stres Anda untuk membantu tubuh Anda mempertahankan homeostasis. Percaya atau tidak, Anda sebenarnya bisa memicu sistem saraf parasimpatis Anda. Ini bisa dilakukan dengan menarik nafas panjang, yoga, atau pijatan santai. Pada dasarnya, apa pun yang membantu tubuh Anda rileks dan stres. Pernapasan dalam terutama telah terbukti mengurangi denyut jantung dan menurunkan kadar kortison dalam tubuh.

Sistem saraf simpatik merespons stres dan merupakan respons “lawan atau lari” Anda. Sementara sistem saraf parasimpatis merespons kedamaian dan merupakan respons “istirahat dan cerna” Anda.

Kedua sistem saraf ini adalah bagian dari sistem saraf otonom yang pada gilirannya merupakan bagian dari sistem saraf tepi. Sistem saraf simpatis mematikan semua fungsi tubuh yang tidak penting dan terkadang dapat menyebabkan produksi kortisol yang lebih lama dan optimal. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit stres kronis. Sistem saraf parasimpatis menjaga fungsi tubuh yang penting dan juga dapat dipicu untuk membantu mengurangi kadar kortisol yang diproduksi tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan