5 Fungsi Karbohidrat yang utama bagi tubuh manusia

Apa yang pertama kali muncul di pikiran Anda saat mendengar kata “Karbohidrat”? Ini adalah salah satu makronutrien ampuh serta sumber utama energi untuk tubuh manusia. Tetapi banyak fakta dan berita bahwa karbohidrat sebagai salah satu makanan kontroversial di dunia, dan banyak orang-orang dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang gizi sering mempertimbangkan untuk menghilangkan karbohidrat dari pola makan.

Untuk penjelasan bagi seorang awam, sama seperti mobil membutuhkan bahan bakar untuk pergi, tubuh manusia menuntut energi yang cukup untuk melaksanakan tugas-tugas sehari-harinya. Dan jumlah energi tertinggi dalam bentuk kalori hanya dapat diterima dari karbohidrat, 45 – 65% tepatnya. Apakah seorang atlet, binaraga atau tidak aktif, menambahkan nutrisi adalah suatu keharusan berdasarkan gaya hidupnya.

sumber karbohidrat
sumber karbohidrat

Apa yang membuat Karbohidrat menjadi Nutrisi Favorit?

Seperti yang disebutkan di atas, karbohidrat adalah sumber utama untuk menyediakan energi bagi tubuh. Makanan kaya karbohidrat yang dikonsumsi oleh seorang individu selanjutnya dipecah menjadi glukosa untuk diubah menjadi energi dalam bentuk ATP. Karbohidrat juga memainkan peran penting dalam metabolisme lemak. Tanpa asam oksaloasetat sebagai mediator, lemak cenderung diubah menjadi keton yang beracun bagi tubuh. Kebutuhan harian minimum dari makronutrient ini untuk rata-rata orang adalah 130 g, yang dapat ditingkatkan hingga maksimum 300 g berdasarkan gaya hidup dan intensitas olah raga. Namun, ketika karbohidrat dikonsumsi dalam jumlah berlebih, ia cenderung disimpan sebagai lemak, yang menghasilkan berat badan yang tidak diinginkan.

Apakah semua Karbohidrat baik-baik saja untuk ditambahkan dalam makanan?

Karbohidrat diklasifikasikan menjadi dua jenis:

Karbohidrat Sederhana: “Gula” adalah kata pertama yang harus Anda dengar ketika mendengar istilah ini. Jus dan soda kemasan yang menyegarkan, potongan-potongan kue yang cantik dan bahkan sereal harian Anda yang telah menjadi bagian penting dalam hidup Anda adalah contoh karbohidrat sederhana.

Karbohidrat Kompleks: Makanan yang ibu Anda telah mendesak untuk Anda makan selama bertahun-tahun ini termasuk dalam kategori ini dan disebut sebagai ‘Karbohidrat Baik’. Karbohidrat sehat yang baik adalah biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran, gandum, jagung, kacang-kacangan serta beras. Mereka bekerja secara ajaib untuk membantu menjaga berat badan serta membantu mengendalikan banyak masalah kesehatan termasuk kolesterol.

Seberapa sehat dan bermanfaatkah Karbohidrat bagi tubuh?

Ketika seseorang mulai menambahkan jumlah karbohidrat yang proporsional dalam makanannya, ia akan memberi banyak manfaat dengan yang utama yaitu:

  1. karbohidrat bertindak sebagai nutrisi penghemat protein, yang berarti memungkinkan protein untuk fokus pada pemulihan otot daripada memberikan energi ke tubuh
  2. Berkontribusi untuk kenyang dan menunda pengosongan lambung untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga usus tetap sehat
  3. Bertindak sebagai bahan bakar pilihan untuk jaringan saraf dan Sel Darah Merah.
  4. Membantu dalam mengatur kadar gula darah yang dapat berupa hipoglikemia atau hiperglikemia
  5. Membantu hati tahu kapan harus menurunkan antibodi dengan membelah protein yang membentuk imunoglobulin

Ini adalah mitos dan kesalahpahaman umum bahwa karbohidrat cenderung hanya menambah berat badan dan menuntun seseorang ke gerbang beberapa penyakit. Seperti kata pepatah, “Kelebihan semuanya buruk”. Jadi, pastikan menambahkan jumlah yang cukup dari setiap nutrisi untuk makanan Anda dan berikan diri Anda pada kehidupan yang sehat, kaya, dan bijaksana.

Loading...